Senin, 13 Mei 2024

LRT di Palembang Bukan Hanya untuk Asian Games 2018

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan saat mengikuti tes dinamis LRT, Minggu (27/5/2018). Foto: dephub.go.id

LRT pertama di Indonesia akan segera beroperasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Terkait pemilihan lokasi Palembang sebagai pilot project, Zulfikri Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa memang salah satu alasannya adalah karena Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Namun, pihaknya menekankan bahwa alasannya bukan hanya semata-mata itu.

“Kota Palembang dihuni 1,5 Juta penduduk. Palembang juga termasuk salah satu kota besar di Indonesia. Sebagai kota besar, angkutan massal berbasis Rel sangat efisien. Palembang akan menjadi model,” kata Zulfikri kepada Sih Wismanti Radio Suasa Surabaya di Palembang.


LRT pertama di Indonesia akan segera beroperasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ini diantara sarana penunjangnya. Foto: Wismanti Suara Surabaya

Dia menjelaskan, penganggaran proyek ini menggunakan dana dari pemerintah dan APBN. Namun, untuk proyek selanjutnya, akan dicari skema pembiayaan terbaik. Hal ini, menurutnya akan diterapkan untuk proyek Jabodetabek.

LRT di Palembang menghabiskan biaya Rp8,9 triliun dan dengan tambahan biaya lain-lain menjadi Rp10,5 triliun.


Zulfikri Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan di ruang Operation Control Center LRT Sumatera Selatan, Selasa (31/7/2018). Foto: Wismanti Suara Surabaya

Pembangunan LRT ini dimulai sejak 2015 dan akan selesai pada tahun ini. “Tiga tahun selesai dan dapat digunakan untuk Asian Games serta warga Palembang,” katanya.

Hari ini (31/7/2018) adalah hari terakir tiket gratis untuk mencoba LRT. Tiket berbayar akan mulai diberlakukan besok dan seterusnya. Pemerintah akan masih memberikan subsidi agar masyarakat dapat menjangkau.

Saat ini pemerintah masih terus melakukan sosialisasi agar LRT dapat dijaga bersama-sama. (bas/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs