Senin, 29 April 2024

Lapas Cibinong Ini Layak Jadi Contoh

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Memanfaatkan lahan tidur seluas 1 hektar di sekitar Lapas Cibinong dengan budidaya penggemukan Sapi, yang berdampingan dengan jenis peternakan lainnya serta agro bisnis. Foto: Istimewa

Lapas Cibinong kabupaten Bogor layak jadi contoh karena layanan hak napi berbasis Tekhnologi Informasi (TI). Selain itu juga ada ternak sapi potong yang kotorannya jadi biogas, ada ternak ayam petelur, ada kebun sayur dan alat keamanan pun dengan TI.

“Kami mengapresiasi penuh Lapas Cibinong yang telah berupaya maksimal menciptakan Lapas Cibinong yang berbasis IT dan mengembangkan Peternakan Sapi sebagai kegiatan industri. Layak dicontoh dan diadopsi oleh Lapas lain,” puji Sri Puguh Budi Utami, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

“TI menjadi strategi kami untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi di lapas. Mulai dari peredaran gelap narkoba, peredaran uang dan paling utama lainnya percepatan layanan hak narapidana dan masyarakat,” jelas Agung Krisna, Kepala Lapas Klas IIA Cibinong.

Agung menyebutkan sejumlah layanan dan program Lapas Cibinong yang menggunakan TI. Mulai Layanan Kunjungan berbasis Sistem data base pemasyarakatan dan e-ktp, pintu Portir, Pintu Elektronik, Saung Jempol, Halte Pembinaan, Remisi/Pembebasa bersyarat /Cuti menjelang bebas/Cuti bersyarat Online, Radio El-Cibi utk mensosialisasi program lapas, CCTV, X-Ray, Panic Button hingga Kantin Jempol.

“Sarana ini mengantisipasi terjadinya pelarian penghuni,” jelas Agung.

Untuk percepatan hak-hak dan pembebasan narapidana, Remisi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat dan Cuti Menjelang Bebas dilaksanakan berbasis Online. Sedangkan layanan informasi khusus bagi warga binaan dapat mereka peroleh melalui Saung Jempol.

Saung Jempol merupakan layanan self service yang menggunakan jempol warga binaan untuk mengetahui informasi tentang hak-hak adminitrasi mereka, termasuk remisi, tahapan pidana dan pembinaan serta pembebasan.

Halte Pembinaan menjadi fasilitas monitoring aktifitas pembinaan warga binaan, sebagai sistem skoring yang akan menjadi dasar layak tidaknya warga binaan diberikan hak-haknya.

CCTV dan X-Ray sebagai bagian dari sarana pengamanan untuk mencegah masuknya benda-benda terlarang (alat komunikasi, Narkoba, senjata tajam dll, dan untuk mempermudah pengawasan warga binaan dan lingkungan sekitar lapas, yang saat berpenghuni 1471 warga binaan, kapasitas seharusnya hanya untuk 841 orang.

“Kantin Jempol menjadi produk unggulan yang ditargetkan mengurangi peredaran uang dalam lapas dan mencegah masuknya barang-barang terlarang karena di kantin jempol ini telah disediakan kebutuhan warga binaan yang telah dilabel aman khusus. Mereka berbelanja menggunakan jempol mereka yang telah teregistrasi dengan account mereka masing-masing. Sedangkan untuk sarana komunikasi kami telah menyediakan Wartelsuspas,” katanya.

Ia pun kemudian memperlihatkan fasilitas Panic Button, yang merupakan tombol yang terkoneksi dengan intalasi Kepolisian, Pemadam Kebakaran untuk antisipasi terjadinya kerusuhan, kebakaran, pemberontakan ataupun kejadian luar biasa lainnya.

“Dan yang istimewa lainnya, kami memilki Radio El- Cibi yang mengudara di sekitar area Lapas Cibinong. Selain itu operasionalnya juga melibatkan warga binaan sebagai penyiar radio. Sekain sebagai sarana hiburan, juga media penyampai informasi kepada seluruh warga binaan,” ujarnya.

Selain mengembangkan dan menerapkan TI, Lapas Cibinong pun memaksimalkan penggunaan lahan tidur seluas 1 hektar di sekitar Lapas dengan budidaya penggemukan Sapi, yang berdampingan dengan jenis peternakan lainnya serta agro bisnis.

“Saat ini kami sedang membudidayakan 28 Sapi pada tahap pertama dan ditargetkan nanti 150 ekor sapi akan memenuhi kandang ini. Ditambah lagi kami memfungsikan kembali kotoran sapi untuk pupuk kandang,” katanya.

Agung pun menyampaikan pembinaan keagamaan bersinergi positif dengan kegiatan lainnya.Kerjasama dengan Sekolah Teologi Victory yang telah ditandatangani pada 20 Januari 2018 kemarin, saat ini sedang memasuki tahap perekrutan siswa dari warga binaan.

Harun Sulianto Direktur Pembinaan Narapidana ,latihan kerja dan produksi ditjen pemasyarakatan mengatakan lapas Cibinong ini termasuk salah satu lapas percontohan krn hak napi berbasis TI sehingga transaparan, cegah pungli, sarana keamanan juga memadai yang bisa cegah gangguan kamtib, pembinaan kemandirian ada pertanian terpadu, pembinaan kepribadian ada sekolah teologi dan pembinaan agama islam yang intensif. Ada juga pembinaan seni budaya, sehingga kedepan ini akan jadi tempat studi tiru utk lapas rutan lain. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs