Senin, 20 Mei 2024

Membangun Sikap Mental Positif Hadapi Perkembangan Pergaulan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Perkembangan teknologi saat ini, disertai dengan perubahan berbagai hal ditengah masyarakat mendorong munculnya berbagai hal. Termasuk soal pergaulan juga mengalami perubahan drastis. Anak muda zaman now, jauh berbeda dengan generasi pendahulunya.

“Yang kemudian muncul adalah jarak pergaulan yang jauh berbeda dan tidak sama. Komunikasi jadi terhambat. Demikian juga dengan etika pergaulan mengalami perubahan juga. Muncul ketidakharmonisan anak zaman old dan zaman now,” terang Nuniek Silalahi S.S., MPd., yang membawakan makalah Etika & Etiket Warisan Budaya Adi Luihung Bangsa Indonesia.

Satu diantara solusi menjembatani jarak yangjauh dan perspektiv yang berbeda itu, Nuniek mengingatkan agar saat ini semua orang mau membangun sikap mental positif dala menghadapi perkembangan yang ada sekarang.

“Sikap mental positif itu penting, dalam rangka menerima dan beradaptasi dengan perkembangan pergaulan saat ini yang memang berubah oleh sebab dampak perkembangan komunikasi, teknologi serta perdaban,” tambah Nuniek.

Sementara itu ditekankan Dr. Andik Matulessy M.Si., dalam makalahnya berjudul: Memahami Kepribadian Mahasiswa Jaman Now, bahwa pendidikan punya peran penting agar generasi milenial tidak sekedar pandai di bidang Informasi teknologi, tetapi sekaligus memahami etika pergaulan yang benar.

“Pendidikan tetap menjadi penting. Guna mewujudkan pembelajaran untuk mengembangkan potensi, guna memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta akhlak mulia,” kata Andik Matulessy yang juga dosen psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Nuniek Silalahi, S.S., M.Pd (Ketua Himpunan Ratna Busana), dan Dr. Andik Matulessy, M.Si (Ketua HIMPSI), menjadi pembicara pada talkshow berjudul: Etiket Pergaulan di Kampus Jaman Now yang digelar Untag Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs