Minggu, 5 Mei 2024

Menristekdikti Resmikan Dua Fasilitas Unggulan Unair

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gedung Lembaga Penyakit Tropik (LPT) Universitas Airlangga Surabaya. Foto: Unair

M. Nasir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) meresmikan dua fasilitas unggulan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (11/7/2018). Ialah Teaching Industry Stem Cell dan Metabolit Stem Cell yang ada di Lembaga Penyakit Tropik (LPT) dan Rumah Sakit Hewan Pendidikan yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH).

Turut mendampingi Menristek ialah Prof. Nasih Rektor Unair bersama jajaran pimpinan Unair.

Teaching Industry Stem Cell dan Metabolit Stem Cell oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merupakan bagian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell (P3SP).

Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell (P3SP) merupakan salah satu unsur penunjang Universitas Airlangga yang memiliki tugas utama melakukan penelitian dan pengembangan di bidang stem cell dan produk-produk stem cell terkait.

P3SP adalah hasil kolaborasi antara Unair dengan RSUD Dr. Soetomo yang dimulai dari tahun 1990 dengan pembentukan bank jaringan untuk memproduksi biomaterial.

Produk hasil riset dari P3SP UNAIR memerlukan dukungan dan dorongan untuk dapat dikenal oleh masyarakat dan stakeholder demi terciptanya sinergisitas dan keberlanjutan hilirisasi produk yang dirancang dalam Commercialization Program and Research Utilization (Teaching Industry).

“Salah satu produk kami adalah produk anti-aging dari metabolit stem cell. Produk metabolit ini berperan dalam memperbaiki kerusakan jaringan dan menggantikan jaringan yang mati dengan jaringan baru, yang kemudian secara aktif berperan menghambat proses penuaan pada kulit,” kata Rektor Unair seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Sedangkan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) merupakan salah satu tempat bagi penyelenggaraan proses pendidikan, pengembangan riset dan pengabdian pada masyarakat oleh karena itu, Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga harus menjadi Rumah Sakit Hewan yang adaptif, kreatif dan proaktif terhadap perkembangan pendidikan kesehatan hewan, sehingga mampu menunjang pelaksanaan pendidikan profesi dokter hewan dan mendukung pengembagan kompetensi mahasiswa dokter hewan.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga, memiliki berbagai macam fasilitas untuk mendukung tugas dan fungsinya, yaitu antara lain Unit Bedah dan Radiologi, Unit Acupressure, Unit Stem Cell, unit Konsultasi Pakan dan kesehatan, Unit Laboratorium, Unit Hematologi, Unit Farmasi Klinis, Unit Rawat Inap dan Titip Sehat, Unit Kolam Renang dan Hidro Teraphy, Unit Pelayanan datang ke rumah (House Calling) dan juga dilengkapi beragam pendukung diagnosis modern, seperti USG, serta Rontgen.

Berbagai Pelayanan juga disediakan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga yaitu Konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah serta grooming (mandi sehat). Pelayanan dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.30-16.30 WIB dan Sabtu pukul 9.00-13.00 WIB.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs