Kamis, 25 April 2024

Nongkrong Kreatif di Koridor Coworking Space Tunjungan

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Salah satu ruang kerja bersama di Ruang Baur, berkonsep unik yaitu Gazebo di dalam ruangan. Foto: Ino suarasurabaya.net

Sebuah ruang kerja bersama yang bertujuan mewadahi inovasi dan kolaborasi anak muda di Surabaya. Iya, itulah jargon dari ruang kerja kreatif di Surabaya ini, di mana anak muda Surabaya bisa berkumpul bersama di Koridor untuk merumuskan ide-ide kreatif mereka, sekaligus mereka juga bisa mengerjakannya di ruang kreatif yang resmi dibuka pada 10 November 2017 lalu.

Koridor Coworking Space memang ditujukan untuk mewadahi warga Surabaya yang ingin ruang kerja publik bernuansa seni dan teknologi. Ruang kerja yang bak galeri seni dan sangat nyaman didesain mirip kantor futuristik zaman sekarang ini, dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Berikut fasilitas keren yang bisa kita nikmati di Koridor Coworking Space Jalan Tunjungan Surabaya ini:

Akses Gedung dan Internet 24 jam

Pada ruang kerja Koridor ini, pemerintah kota Surabaya sengaja membuka fasilitas ini selama 24 jam. Koridor juga menyediakan layanan internet gratis selama 24 jam yang bisa digunakan oleh pengguna Koridor untuk mengerjakan project nya tanpa harus memikirkan kuota atau pun tidak adanya akses internet. Hal ini akan sangat memudahkan pengguna Koridor saat ingin mencari bahan referensi dari internet untuk pekerjaan mereka.

Tiga Ruang Kerja Full Fasilitas

1. Ruang Baur

Ruang Baur adalah ruangan seluas 177 meter persegi, berkapasitas 70 orang. Ruangan ini dikhususkan untuk ruang kerja bersama bagi para pengguna Koridor. Terdapat meja dan kursi nyaman untuk meja kerja, serta pihak Koridor juga menyediakan beberapa komputer, bagi para pengguna yang tidak membawa laptop pribadi mereka. Sedangkan 2 ruang yang lain yaitu, ruang Paduraksa dan Sesrawungan lebih ditujukan untuk ruang seminar, pertemuan atau eventt-eventt yang sudah terigistrasi dalam agenda Koridor.


Suasana kerja di Ruang Baur. Foto: Ino suarasurabaya.net

2. Ruang Paduraksa

Ruang Paduraksa lebih bernuansa art and gallery dimana ruang ini dipenuhi dengan berbagai lukisan yang dipajang menghiasi ruangan. Paduraksa berkapasitas 100 orang dan juga dilengkapi lcd monitor.


Ruang Paduraksa yang dipenuhi lukisan. Foto: Ino suarasurabaya.net

Paduraksa sering dimanfaatkan sebagai ruang seminar yang sifatnya lebih santai, misalkan para komunitas fotografi yang mengadakan seminar atau komunitas-komunitas lainnya. Sedangkan untuk nuansa lebih serius, Koridor juga menyediakan ruang kelas yang bernama Sesrawungan.

3. Ruang Sesrawungan
Ruang Sesrawungan berkonsep classroom berkapasitas 60 orang, ditujukan untuk konsep event yang lebih banyak membutuhkan fokus dan konsentrasi. Serta yang tentu ruang ini juga disediakan lcd monitor.

Semua ruangan pada dasarnya sudah dilengkapi dengan lcd monitor. Namun, untuk penggunaannya dalam sebuah event pengguna harus melakukan registrasi terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum event dilaksanakan. Semua fasilitas yang tersedia di tempat ini free atau tidak dipungut biaya sama sekali.

Sedangkan yang setiap hari penuh dengan pengunjung yaitu Ruang Baur, karena ruang ini dikhususkan untuk dipakai setiap hari dan siapa pun bisa mengaksesnya selama 24 jam tanpa melakukan registrasi seperti pada pengadaan event.

Salah satu pengunjung Dewangga Farros Haidar mahasiswa S1 Hubungan Internasional UIN Sunan Ampel mengatakan, dirinya sangat sering mengunjungi Koridor bersama teman-temannya. Tidak hanya mengerjakan tugas, dia juga sering mendiskusikan ide-ide mereka untuk kegiatan kampus mereka di ruang ini.

“Saya sering sekali ke sini, nugas sampai malam kadang. Tempatnya nyaman, juga tidak sembarangan orang yang berada di sini. Rata-rata di sini semua orangnya niat untuk bekerja dengan suasana yang tenang dan nyaman. Beda jika saya kalau mengerjakannya di warkop, kafe atau tempat nongkrong lain. Suasananya gaduh, belum lagi ada pengguna yang merokok,” tutur mahasiswa yang akrab disapa Angga tersebut kepada suarasurabaya.net.

Bagi warga Surabaya khususnya Arek-arek Suroboyo yang ingin tempat nongkrong kreatif, nyaman dan full fasilitas layaknya kantor google, mari ramaikan Koridor Coworking Space sebagai fasilitas gratis untuk ciptakan karya menarik.

Para pengguna Koridor juga bisa refreshing sejenak jika jenuh di ruang kerja Koridor, dengan berjalan-jalan di jalan Tunjungan yang sekarang semakin cantik dilengkapi lampu kota dan pedestrian yang luas.

Sekadar diketahui e100 sebagai fanpage Radio Suara Surabaya yang setiap harinya dibanjiri unggahan netter tentang berbagai kejadian di Surabaya dan sekitarnya, akan menggelar kegiatan kopi darat antara admin dan pengakses media sosial yang selama ini terhubung di dunia maya dalam bentuk Talkshow Empowering Netizen di Ruang Paduraksa Koridor Coworking Space Gedung Siola Lantai 3 Jalan Tunjungan Surabaya.

Kegiatan awal menuju netter yang bijak ini, mengambil tema “#Update100 Tetap Waras di Tengah Medsos yang Buas” yang digelar pada Sabtu, 28 April 2018

Sadar bahwa Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian semakin marak di media sosial, e100 ingin memberikan pemahaman bersama yang lebih konstruktif.
(ino/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs