Sabtu, 27 April 2024

Operasi Keselamatan Semeru Dimulai, Polisi Ajak Pengendara Tertib

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kampanye keselamatan berlalulintas dilakukan petugas di traffic light Jl Darmo. Foto: Istimewa.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim menggelar kampanye tertib berlalu lintas, dalam rangka Operasi Keselamatan Semeru 2018. Kampanye dilaksanakan di simpang trafic light Jl. Raya Darmo dan Jl. Raya Diponegoro, Surabaya, Senin (5/3/2018).

Kombes Pol Heri Wahono Dirlantas Polda Jatim mengatakan, kegitan ini adalah bagian dari kampanye keselamatan berlalu lintas. Pihaknya mengingatkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pengguna jalan, untuk lebih berhati hati, tertib dan lebih berdisiplin dalam berlalu lintas.

Kombes Heri mengatakan, kampanye ini sekaligus sebagai penanda bahwa Operasi Keselamatan yang dahulu memiliki nama sandi Operasi Simpatik, telah dimulai per hari ini Senin 5 Maret 2018 sampai dengan 26 Maret 2018.

Adapun untuk terget ataupun sasaran Operasi Keselamatan ini adalah target orang, target benda, target tempat dan target kegiatan. Untuk target orang, yakni masyarakat pengguna jalan, baik roda dua atau roda empat.

“Bagi yang melakukan pelanggaran khususnya pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, akan ditindak dengan tilang. Diluar itu, atau yang tidak menimbulkan kecelakaan cukup diberikan teguran,” katanya.

Kombes Heri mengatakan, cara bertindak kepolisian dalam operasi ini lebih mengedepankan kegiatan kegiatan preentif maupun preventif, atau pencegahan, seperti kegiatan kampanye hari ini. Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan pendidikan dan rekayasa lalu lintas, kemudian melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan.

“Kemudian untuk penegakan hukum yang sifatnya represif itu adalah jalan terakhir, khusus untuk pelanggaran pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” katanya.

Kombes Heri mengatakan, indikator keberhasilan Operasi Keselamatan Semeru 2018 ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Jawa Timur. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs