Minggu, 28 April 2024

Pemkot Akan Bangun Plaza di Bawah Jalan Yos Sudarso

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gambaran proyek Balai Pemuda terintegrasi dengan Plaza dan Panggung Terbuka di Jl Pemuda Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya siap meneruskan proyek Balai Pemuda terintegrasi dengan Plaza dan Panggung Terbuka di Jl Pemuda Surabaya. Bangunan ini juga akan melintasi di bawah Jalan Yos Sudarso.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat ini pembangunan tengah berproses seperti mulai melubangi jalan tembus bawah tanah tersebut. Proyek yang dikerjakan secara Multiyears ini dianggarkan murni APBD sebesar Rp 80 miliar. Proyek ini ditarget selesai di tahun 2020.

“Bangunan Plaza ini bukan untuk UKM Center saja, tapi bisa untuk arena tempat berkumpul warga, makannya harus konek dengan Balai Pemuda,” kata Risma di ruang kerjanya, Jumat (5/10/2018).


Gambaran proyek Balai Pemuda terintegrasi dengan Plaza dan Panggung Terbuka di Jl Pemuda Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Tempat ini dicita-citakan Risma sebagai poros Balai Kota atau aset yang dimiliki Pemkot di jatung kota yang bisa menjual kekayaan kota seperti kuliner, handycraft, dan kesenian tradisional yang ada di Balai Pemuda. Maka dari itu, di Jalan Pemuda itu nanti juga bisa tampil kesenian teater dan bisa melihat film bersama seperti amphitheater.

Untuk integrasi dua bangunan ini, warga bisa masuk melalui jalan bawah tanah sambil menikmati aneka kuliner dan pusat oleh-oleh yang berada di lantai lower ground dan pengunjung bisa parkir di lantai Ground berkapasitas 150 mobil.

“Di Lower Ground di bawah jalan Yos Sudarso itu nanti ada plaza, terus lantai kedua parkirnya. Kalau di Balai Pemuda ada acara tidak bingung parkirnya. Kapasitasnya 150 kendaraan roda empat. Sekarang sudah dibangun dulu separuhnya lalu ditutup, terus tahun depan dilanjutkan yang jalan Pemuda, kedalamannya sekitar 7 meter,” kata Risma. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs