Jumat, 26 April 2024

Pemkot Surabaya Sediakan Beasiswa Bagi Penghafal Al Quran

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: janusalloin.blogspot.com

Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyediakan beasiswa bagi para Hafiz (penghafal Al Quran ,red).

Muhammad Fikser Humas Pemkot Surabaya mengatakan beasiswa tersebut, diperuntukkan bagi warga Surabaya, yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa, baik pada pendidikan formal maupun non formal.

Mulai dari jenjang satuan pendidikan SD/Ml, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, pondok pesantren, atau yang sederajat dan perguruan tinggi.

“Iya benar, kami menyediakan beasiswa bagi putra putri Surabaya, khususnya para penghafal Al Quran,” kata Fikser, saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Sabtu (27/5/2018).

Melalui instagram resmi Dinas Pendidikan Kota Surabaya, kata Fikser, pihaknya telah memberikan sejumlah informasi terkait pendaftaran beasiswa tersebut. Mulai dari kriteria, persyaratan hingga cara pendaftaran.

Adapun kriteria yang harus dipenuhi bagi penghafal Al Quran, sebagai berikut:

1. Warga Kota Surabaya yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga/KTP
2. Jenjang SD/Ml atau sederajat: 10 (sepuluh) juz Al Quran
3. Jenjang SMP/MTs atau sederajat: 20 (dua puluh) juz Al Quran
4. Jenjang SMA/SMK/MA atau sederaja: 30 (tiga puluh) juz Al Quran
5. Mahasiswa D3/D4/S1/S2: 30 (tiga puluh) juz Al Quran
6. Berstatus pelajar atau mahasiswa pada pendidikan formal maupun non formal, dengan jenjang satuan pendidikan SD/Ml, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, pondok pesantren atau yang sederajat dan perguruan tinggi.

Selain itu, para calon peserta juga wajib melengkapi beberapa berkas persyaratan, diantaranya:

1. Foto copy KK/KTP
2. Fotocopy Akte Kelahiran
3. Surat keterangan berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa dari sekolah, lembaga pendidikan atau perguruan tinggi yang berada di Kota Surabaya
4. Surat pernyataan belum pernah kawin yang diketahui ketua RT/RW (Khusus untuk Mahasiswa)
5. Surat Keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah (setelah dinyatakan diterima)
6. Foto berwarna ukuran 4×6 sebanya 1 (satu) lembar.

Fikser menambahkan, para calon peserta bisa langsung mendaftar secara online melalui website http://dispendiksurabaya.go.id dan mencetak formulir pendaftarannya. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara offline, dengan mengisi formulir yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Persyaratan administrasi, kata Fikser, wajib diserahkan di Sekretariat Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Jalan Jagir Wonokromo 354-356 Surabaya. Pendaftaran diterima paling lambat Jumat (6/7/2018), pukul 15.00 WIB. Dalam hal ini, Pemkot Surabaya tidak mengenakan biaya apapun atau gratis. (ang/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs