Jumat, 29 Maret 2024

Pemkot Surabaya Siap Bangun Rumah Potong Unggas

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Surabaya siap membangun rumah potong khusus unggas di Kelurahan/Kacamatan Lakarsantri pada 2019.

Djustamadji Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Surabaya di Surabaya, Minggu (10/6/2018) mengatakan tempat pemotongan unggas tersebut rencananya akan menyatu dengan pasar unggas di Lakarsantri.

“Selama ini tempat khusus pemotongan unggas belum ada di Surabaya. Biasanya, ayam dan bebek itu dipotong di berbagai tempat, termasuk di pasar-pasar,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, dengan tidak adanya tempat khusus pemotongan unggas selama ini, maka pihaknya tidak bisa memantau cara pemotongan dan kesehatan unggas yang ada karena tersebar dimana-mana.

“Jika ada yang terkena flu burung tentu sangat berbahaya,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap setiap unggas yang akan dijual ke pasar dipotong di rumah potong unggas tersebut. Sehingga, lanjut dia, pengawasan bisa dilakukan secara maksimal terhadap kesehatan unggas yang dipotong.

Untuk mendukung rencana ini, kata dia, pihaknya akan menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rumah Potong Unggas. Dalam raperda ini akan mengatur mekanisme unggas yang dijual di Surabaya harus terlebih dahulu dipotong di rumah potong unggas.

“Kami sedang mengkaji membuat raperda rumah potong unggas dengan melibatkan instansi terkait dan kalangan akademisi. Jika sudah tuntas, nanti akan dibahas di dewan,” katanya.

Ia memperkirakan pembangunan pasar unggas yang terletak di belakang Kantor Kelurahan Lakarsantri ini akan dimulai 2019. “DED (detail enginering design) atau perencanaan itu selesai setahun lalu sehingga kini tinggal realisasinya,” katanya.

Adapun Anggaran pembangunan akan sepenuhnya memakai APBD Kota Surabaya. Hanya saja, ia tidak ingat besaran anggaran yang dibutuhkan, termasuk berapa stan unggas yang ada di sana.

“Saya lupa karena sudah setahun lalu DED-nya. Yang pasti pasar unggas dan tempat potong akan dikelola Pemkot Surabaya,” ujarnya. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs