Sabtu, 18 Mei 2024

Penerimaan CASN 2018, Kanwil Kemenkumham Jatim Diserbu Ribuan Pelamar

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Panitia Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Daerah Jawa Timur sedang mengolah berkas pelamar. Foto: Istimewa

Panitia Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2018 Daerah Jatim, terus menerima berkas pelamar untuk formasi SLTA dan sederajat. Selama 7 hari terakhir, sudah ada 1.762 pelamar yang masuk sesuai data terakhir pada pukul 12.00 WIB, Selasa (2/10/2018). Selain itu, ada juga 248 berkas yang masuk ke PO Box dan diproses panitia bagian verifikator.

Dewi Atmi Listyorini Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham Jatim mengaku, pihaknya sudah tiga kali mengambil berkas di Kantor Pos Besar Kebonrojo, Surabaya. Pada tanggal 28 September lalu, ada 110 berkas yang masuk. Kemudian, dua hari terakhir masing-masing 114 berkas dan 24 berkas.

“Setiap pengambilan berkas, kami berikan berita acara serah terima berkas, agar akuntable,” kata dia, Selasa (2/10/2018).

Berkas yang masuk itu, kata dia, langsung dibuka dan diproses oleh Tim Verifikator pada hari itu juga. Di mana, Tim Verifikator ini tidak boleh menunda pekerjaan agar berkas tidak semakin menumpuk.

“Yang paling penting, kami menjaga kualitas proses verifikasi, jangan sampai ada yang terlewat,” kata dia.

Menurutnya, animo pendaftar untuk formasi SLTA di Jatim termasuk yang paling besar. Jumlahnya hampir mendekati jumlah pendaftar di Kanwil Jabar, yang saat ini tercatat memiliki pelamar paling banyak. Dia memprediksi, jumlah pendaftar di Jatim akan semakin meningkat.

Sebenarnya, kata dia, jumlah pelamar tahun ini jauh lebih sedikit daripada tahun lalu. Namun, rasio antara pelamar dan jumlah formasi yang ada cukup besar. Sehingga bisa dipastikan persaingan tetap akan ketat.

“Yang sudah mendaftar, segera mengumpulkan berkas, agar lekas tak ada beban,” imbauannya.

Menurut rencana, kata dia, tes SKD akan dilaksanakan di Kanreg BKN II bersama dengan peserta seleksi CASN dari instansi lain. Jadwal untuk Kemenkumham sendiri sudah ditetapkan dari pusat.

Untuk formasi Sarjana, tes SKD rencananya akan dilaksanakan pada 23-24 Oktober. Sedangkan tes SKB berbasis CAT (khusus Sarjana) akan dilaksanakan pada 6-7 November. Sememtara itu, SKD untuk lulusan SLTA akan dilakukan pada 25-26 Oktober 2018.

“Tes ini akan berlangsung di Kanreg BKN II. Kami berharap Kanreg BKN II bisa mengkondisikan peralatan pelamar Kemenkumham. Memang, Kanwil Kemenkumham Jatim sebagai panitia daerah hanya mengusulkan nama dan jumlah peserta saja. Seluruh sarana dan prasarana tes SKD atau SKB berbasis CAT disediakan oleh BKN,” jelasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs