Sabtu, 27 April 2024

Pertamina Siagakan 63 Titik KIOSK Pertamax di Jawa-Sumatera

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

PT Pertamina (Persero) telah menyiagakan 63 titik KIOSK Pertamax di area Jawa dan Sumatera yang menyediakan produk BBM non subsidi menjelang arus mudik Lebaran 2018.

Adiatma Sardjito Vice President Corporate Communiation Pertamina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (4/6/2018) mengatakan gerai KIOSK Pertamax juga hadir di beberapa tuas tol fungsional yang dilalui pemudik.

“Dari 63 KIOSK tersebut, sebanyak 57 KIOSK tersebar di beberapa titik di jalur mudik Jawa, tol dan non tol, serta 6 titik KIOSK di jalur Sumatera,” kata Adiatma seperti dilansir Antara.

Ia menjelaskan KIOSK Pertamax merupakan gerai khusus yang dibuat untuk menyediakan produk BBM non subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo, dalam bentuk kemasan maupun dengan dispenser sederhana.

Ada pun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, dalam kunjungan kerjanya bersama direksi serta manajemen Pertamina pada Sabtu (2/6/2018), mengunjungi beberapa KIOSK Pertamax di kawasan tol fungsional, antara lain Tol Fungsional Pejagan-Pemalang Gerbang Tol Kertasari KM294, Tol Fungsional Rest Area KM275, dan Rest Area Tol Gandulan.

Tol fungsional merupakan ruas tol yang masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Selain minim fasilitas seperti belum ada bangunan permanen, kondisi sebagian jalan masih bergelombang dan bahkan beberapa area masih dipenuhi alat berat.

Namun itu menjadi salah satu tantangan Perseroan untuk melayani pelanggan secara maksimal saat arus mudik nanti.

Pertamina juga telah mengantisipasi jumlah pemudik tahun 2018 yang diperkirakan meningkat 11-13 persen dari tahun lalu.

Menurut Adiatma, jumlah pemudik menggunakan roda dua diperkirakan mencapai 7,67 juta naik dibanding tahun 2017 yang mencapai 6,8 juta. Sementara jumlah pemudik yang menggunakan roda empat diperkirakan mencapai 3,46 juta, naik dari tahun 2017 yang mencapai 3,1 juta.

Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2018, konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 15 persen. Mengantasipasi hal tersebut, Pertamina pun meningkatkan stok dan penyaluran BBM selama Ramadhan dan Idul Fitri dari rata-rata harian normal gasoline 90 ribu kiloliter menjadi 104 ribu kiloliter per hari. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs