Jumat, 29 Maret 2024

Pesantren Tebuireng Resmi Bangun Rumah Sakit Untuk Dhuafa

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pengurus Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, serta dengan Mundjidah Wahab Pelaksana Tugas Bupati Jombang saat pembangunan rumah sakit untuk duafa di Jombang, Jawa Timur. Foto: istimewa

Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, membangun rumah sakit yang antara lain akan melayani pasien dari seluruh kalangan, termasuk duafa.

Pembangunan rumah sakit yang dilakukan berdasarkan kerja sama antara Yayasan Hasyim Asy’ari dan lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa itu merupakan bagian dari upaya pesantren untuk berkonstribusi dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

“Pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya Pesantren Tebuireng untuk mengembangkan khidmatnya kepada masyarakat. Dengan menggandeng Dompet Dhuafa, kami berharap rumah sakit atau rumah sehat ini nantinya akan dikelola secara profesional,” kata KH Abdul Hakim Mahfudz Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng dalam siaran pers pesantren, Kamis (20/9/2018).

Sementara itu, Imam Rulyawan Direktur Dompet Dhuafa mengungkapkan, pendirian rumah sakit itu bermula dari kunjungan KH Shalahuddin Wahid (Gus Sholah) Pengasuh Pesantren Tebuireng dan Bu Nyai Farida Salahuddin ke Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa sekitar setahun lalu.

“Setelah itu, Gus Sholah langsung menawarkan kerja sama pembangunan rumah sakit serupa di Tebuireng,” ujarnya dilansir Antara.

Ia menjelaskan, rumah sehat itu akan menerapkan konsep sehat fisik, sehat mental, sehat sosial dan sehat spiritual; dan akan menerima pasien dari semua kalangan, termasuk duafa.

Rumah sakit, ia mengatakan, akan melayani pasien duafa peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang preminya dibayar oleh pemerintah. Pasien kurang mampu yang iuran jaminan kesehatannya disubsidi menggunakan dana zakat yang dikelola oleh Dompet Dhuafa, serta pasien yang tidak punya identitas kependudukan.

“Tidak ada ceritanya, pasien yang kartu BPJS-nya mati ditolak di rumah sakit ini. Zakat yang dikelola Dompet Dhuafa akan hadir untuk mereka,” katanya.

Mundjidah Wahab Pelaksana Tugas Bupati Jombang mengapresiasi partisipasi aktif Pesantren Tebuireng dalam upaya membangun kesehatan masyarakat.

“Sudah banyak sekali yang diberikan oleh Pesantren Tebuireng kepada bangsa dan negara. Mulai dari pendirian Nahdlatul Ulama, pelayanan pendidikan hingga universitas. Kini dalam bentuk pembangunan rumah sakit,” kata putri KH Abdul Wahab Chasbullah itu.

Tokoh Muslimat NU itu menyatakan pemerintah daerah akan sepenuhnya mendukung pembangunan rumah sakit itu.

“Kami siap memfasilitasi (dari, red) aspek perizinan dari pendirian rumah sakit ini,” ujarnya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs