Senin, 6 Mei 2024

Peserta Istighosah Kubro di Sidoarjo Ditaksir 500 Ribu Orang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ratusan ribu orang memadati Stadio Gelora Delta Sidoarjo dalam Istighosah Kubro dengan tema 'Mengetuk Pintu Langit Menggapai Nurullah', Minggu (9/4/2017). Foto: Istimewa

Peserta Istighosah Kubro di Gelora Delta Sidoarjo ditaksir 500 ribu orang. Kegiatan pada Minggu (28/10/2018) besok itu diawali dengan kirab santri yang dimulai dari Pendopo Alun-alun Bupati menuju GOR yang di lanjut istighosah kubro.

Demi pengamanan peserta yang mencapai ratusan ribu orang, lebih dari 1.800 personel diturunkan untuk mengawal kegiatan ini.

“Kami menerjunkan 1.800 personel Polri dan masih ditambah rekan TNI, bantuan Banser, Ansor, Pagar Nusa, dan beberapa komunitas lain,” kata Kombespol Himawan Bayu Aji Kapolresta Sidoarjo kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (27/10/2018).

Angka ini tentu sudah diperkirakan karena setiap Kabupaten di Jawa Timur akan mengirimkan santri-santrinya untuk mengikuti acara ini. Apalagi jika berkaca dari acara Istighosah Kubro sebelumnya, peserta bahkan sampai meluber ke sisi GOR karena banyaknya orang yang hadir.

Untuk itu, pihak kepolisian Sidoarjo melakukan penutupan jalan di sekitar lokasi demi kelancaran acara. Penutupan jalan dimulai sejak pukul 05.00 WIB hingga berakhirnya acara yakni sekitar 12.00 WIB.

“Exit tol Pondok Jati Sidoarjo itu ditutup, jadi silahkan keluar dari Porong. Lalu ada beberapa jalur juga yang lingkar barat dan lingkar timur ditutup. Yang jelas jalur menuju ke GOR itu ditutup semuanya, sehingga dapat berkonsentrasi untuk melaksanakan kegiatan,” paparnya.

Karena banyaknya jumlah peserta yang diperkirakan hadir dalam acara ini, pihak kepolisian Sidoarjo mengimbau baik pengguna jalan di sekitar lokasi mau mengikuti rambu yang diterapkan. Begitu juga dengan peserta disarankan tidak membawa banyak barang terlebih barang-barang berbahaya

“Kami imbau para peserta yang ikut, silahkan koordinasi dengan pengurus cabang NU di masing-masing daerah, patuhi aturan lalu lintas yang ada. Juga perhatikan lokasi-lokasi parkir karena sebagian juga ditempatkan jauh dari lokasi acara,” ujar Kombespol Himawan.(tin/bid)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs