Senin, 6 Mei 2024

Presiden Tunjuk Syafiq Mughni Sebagai Utusan Khusus Presiden Antar Agama

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Prof Syafiq Mughni. Foto: dokumen Facebook.

Joko Widodo Presiden menunjuk Prof. Syafiq A. Mughni sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP), yang sebelumnya ditempati Din Syamsuddin dan mengundurkan diri beberapa waktu lalu.

Syafiq mengatakan, karena dirinya diberi amanah maka akan dijalani dengan baik. Setelah penunjukkan ini, Syafiq akan lebih fokus pada program-progam yang sudah ada sebelumnya. Agar tidak mengganggu, Syafiq pun nonaktif sementara dari posisinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Hubungan Antar-Agama dan Peradaban.

“Saya mohon doanya semoga bisa menjalani dengan baik dan sukses. Karena ini masanya cukup pendek, biar tidak mengganggu konsentrasi, maka nonaktif dulu dari PP Muhammadiyah,” ujar Syafiq kepada suarasurabaya.net, Sabtu (27/10/2018).

Syafiq menjelaskan, untuk tahun ini dan tahun depan program di UKP-DKAAP sudah dibuat di masa kepeimpinan sebelumnya. Tapi ada yang penting tentang masalah internasional, di antaranya yang mengindikasikan banyak terjadi konflik dan ketegangan bernuansa agama.

“Kami mencoba untuk mengelola agama yang berbeda-beda itu menjadi sebuah kekuatan peradaban. Fokus saya juga di bidang kerja sama antar peradaban. Peradaban yang tumbuh di berbagai negara di dunia ini kami coba jalin sliaturahim antar peradaban,” katanya.

Sekadar diketahui, Syafiq A. Mughni merupakan Guru Besar Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Syafiq pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah di Sidoarjo.

Syafiq juga pernah menjabat Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur periode 2005-2010. Ketua PP Muhammadiyah periode 2015-2020.

Syafiq juga sering mewakili Muhammadiyah dalam pertemuan yang digelar organisasi internasional seperti World Peace Forum, Universal Peace Foundation, Global Peace Foundation, dan banyak lagi. (bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs