Minggu, 18 April 2021

Ribuan Masyarakat Antre Pembagian Daging Kurban di PN Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ribuan masyarakat berbaris di depan kantor Pengadilan Negeri Surabaya sejak pukul 12.00 WIB, untuk mengantre kupon pembagian daging kurban Idul Adha. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Ribuan masyarakat berbaris di depan kantor Pengadilan Negeri Surabaya sejak pukul 12.00 WIB, untuk mengantre kupon pembagian daging kurban Idul Adha 1439 Hijriah, Rabu (22/8/2018). Pada peringatan Idul Adha kali ini, pihak panitia menyediakan sekitar 2.500 kupon kepada warga.

Sifaurosidin Ketua Panitia Pembagian Daging Kurban mengatakan tidak ada persyaratan untuk mendapatkan daging kurban. Masyarakat hanya perlu berbaris, untuk mendapatkan kupon. Nantinya kupon itu ditukarkan dengan sebungkus daging kurban seberat 3 per empat kilogram. Untuk menghindari kecurangan, setiap warga yang sudah mengambil daging akan diberikan tanda tinta pada jari kelingkingnya.

Sementara dari pantauan suarasurabaya.net di lokasi, antrean yang terjadi cukup panjang. Ribuan masyarakat yang mengantre dari kalangan beragam, mulai dari anak-anak, ibu rumah tangga dan lansia. Selain itu, karena persediaan daging yang memang terbatas, ada juga beberapa masyarakat yang tidak kebagian daging.

“Yang sudah ambil, tidak boleh ambil lagi. Karena sudah ada buktinya. Kami kasih tinta di jari kelingkingnya. Terus kalau anak-anak kecil tidak kami kasih, karena nanti bisa mengurangi jatah lainnya. Minimal, yang sudah SD sekitar kelas 5-6 dan yang agak tinggi lah, baru kami kasih,” kata dia.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut dia, pengambilan kupon ini juga dijaga ketat oleh aparat keamanan, di antaranya ada 18 personel dari kepolisian, 18 security, dan beberapa petugas Satpol PP. Selain mengamankan proses antrean, petugas juga mengamankan arus lalu lintas di sekitarnya.

Sifaurosidin mengatakan pembagian daging ini rutin dilakukan setiap tahun. Pada perayaan Idul Adha kali ini, persediaan dagingnya bertambah dari tahun sebelumnya. Total hewan kurban untuk tahun ini yaitu, 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Sedangkan tahun lalu, ada 8 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Pihaknya berharap, adanya pembagian daging kurban ini bisa membawa berkah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (ang/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Minggu, 18 April 2021
33o
Kurs