Jumat, 26 April 2024

Rolly Intan Terima Doctor Honoris Causa DSU Korea

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rolly Intan saat menerima anugerah Doctor Honoris Causa dari Dongseo University, Busan Korea. Foto: Humas UK Petra Surabaya

Rolly Intan Rektor Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya periode 2009-2017, menerima gelar doktor kehormatan atau Doctor Honoris Causa di bidang Business Administration dari Dongseo University (DSU), Busan-Korea Selatan.

Penganugerahan dilakukan bersamaan dengan upacara pelepasan wisudawan mulai bachelor degree (sarjana), master degree (Magister) hingga doctoral degree (Doktor) Dongseo University, Busan-Korea Selatan.

Prof. Dr. (HC) Rolly Intan, Dr. Eng., menyampaikan bahwa penganugerahan gelar doctor honoris causa kali ini sangat mengagetkan lantaran pihak kampus Dongseo University memberikan gelar berdasarkan bidang leadership.

“Sejujurnya saya merasa kaget tidak menduga akan menerima penghargaan ini. Mereka menilai saya layak mendapatkan gelar ini khususnya di bidang leadership dan manajemen,” terang Rolly melalui sambungan telepon dari Korea.

Pemberian gelar kehormatan ini diberikan langsung oleh Dr. Jekuk Chang Presiden DSU bersama dengan Jonghae Kim, Ph.D., Dean of Graduate School, di dalam gedung kampus DSU, Busan, Korea Selatan.

Pemberian gelar Doctor Honoris Causa ini hanya dapat diberikan pada seseorang bila telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Sementara itu disampaikan Dr. Jekuk Chang Presiden DSU bahwa universitas memberikan gelar penghormatan pada Rolly Intan, lantaran Rolly Intan sudah berkiprah sangat luar biasa dalam kaitannya dengan internasionalisasi pendidikan tinggi.

“Kami menganggap bahwa kiprah Rolly Intan saat menjadi rektor sangat besar. Kepemimpinannya yang luar biasa (excellent) sekaligus berkontribusi yang besar dalam internasionalisasi dan pengembangan pendidikan tinggi di regional di Asia,” kata Dr. Jekuk Chang.

Kota Surabaya telah mengembangkan kerjasama kota kembar atau sering disebut dengan sister city dengan Busan, Korea Selatan sejak tahun 1996. Semenjak itulah hubungan aktif antara UK Petra dengan DSU, Korea Selatan terjalin hingga saat ini. Berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat pun telah dilakukan secara bersama.

“Saya yakin ke depan UK Petra yang kini dipimpin oleh Prof. Djwantoro Hardjito, Ph.D., akan terus melanjutkan kerjasama dengan DSU semakin intens dan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan tinggi di Asia, khususnya kedua universitas. Terima kasih sekali kepada Dongseo University di Korea Selatan atas kerjasamanya selama ini. Supportnya sungguh besar pada beberapa program yang telah dilakukan secara bersama dengan Universitas Kristen Petra,” papar Rolly Intan.

Prof. Djwantoro Hardjito, Ph.D., Rektor UK Petra, yang turut hadir dalam penganugerahan ini mengungkapkan kegembiraannya.

“Prestasi Prof. Dr. (HC) Rolly Intan, Dr.Eng benar-benar membuat keluarga besar Universitas Kristen Petra berbangga. Kolaborasi aktif dengan Dong Seo University di berbagai bidang ini amat penting untuk untuk terus dikembangkan, terlebih di masa Revolusi Industri 4.0, yang menghadapkan kita pada banyak tantangan dan sekaligus peluang,” pungkas Prof. Djwantoro.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs