Sabtu, 27 April 2024

Sambut Hardiknas, Kemdikbud Putar Film Serentak di 34 Provinsi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Potongan adegan Film Atambua 39 Derajat Celcius. Foto: muvila.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar pemutaran film serentak di 34 provinsi. Pemutaran ini dimulai 21-27 April mendatang dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

“Kami melakukan kurasi terhadap 16 judul film dari sejumlah film yang ada,” kata Maman Wijaya Kepala Pusat Pengembangan Film Kemdikbud kepada Antara di Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Pemutaran film dilakukan di sejumlah lokasi di masing-masing ibu kota provinsi. Film yang diputar merupakan film yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter.

Terdapat setidaknya lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam film tersebut yakni integritas, cinta Tanah Air, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Film-film yang diputar tersebut di antaranya, Ada Surga di Rumahmu, Air Mata Terakhir Bunda, Ambilkan Bulan, Atambua 39, Ayat-ayat Adinda, Bulan Di Atas Kuburan, Cahaya Dari Timur, Cinta dari Wamena, Demi Ucok, Kau dan Aku Cinta Indonesia, Keumala, dan Mencari Hilal.

“Nilai yang terkandung di dalamnya yakni unsur pendidikan karakter dan kedaerahan,” katanya.

Dia menjelaskan film Dilan maupun Tan Malaka tidak termasuk dalam film yang dikurasi. Namun, pihaknya memberikan kebebasan kepada pihak panitia penyelenggara di masing-masing daerah apabila ingin menayangkannya.

“Kami mengapresiasi respons dari masyarakat serta kami akan mengoreksi jika ada masukan dari masyarakat,” ujar Maman.

Dia berharap, melalui pemutaran film itu, ada nilai-nilai pendidikan karakter yang akan tertanam serta mendorong masyarakat untuk mencintai film lokal. (tna/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs