Rabu, 24 April 2024

Skenario KNKT untuk Mencari Black Box Pesawat Lion Air JT 610

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Foto yang diduga serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). Foto: Antara/Pertamina

Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyiapkan kapal navigasi dan BPPT untuk mencari kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin (29/10/2018).

Kapal-kapal yang membawa peralatan scan sonar dan Underwater Locator Beacon (ULB) Finder tersebut diperkirakan akan berangkat, sekitar pukul 16.30 WIB.

Suryanto Cahyono Ketua KNKT menjelaskan, pencarian akan dilakukan dengan cara memindai keberadaan badan pesawat di dalam perairan, dengan peralatan scan sonar dari kapal Basarnas dan magnet dari kapal Hidros.

“Setelah kami menemukan potongan logam dari tubuh pesawat, kami lihat dulu bentuknya. Serpihan seperti life jacket, kan dari dalam pesawat. pasti ada bagian yang terbuka. Tapi kondisinya seperti apa belum kita tahu,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya.

Setelah itu, tim pencari akan melokalisir daerah sekitar penemuan badan pesawat nahas tersebut. “Kami akan menurunkan ULB Finder untuk melacak keberadaan Beacon yang melekat di kedua black box pesawat,” kata dia.

Sementara, kendala yang mungkin dihadapi tim pencari di lokasi kecelakaan adalah cuaca ekstrem pada awal musim hujan.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs