Senin, 29 April 2024

Sterilisasi Bom, Polisi Tutup Seluruh Blok Rusunawa Sepanjang Sampai Senin Siang

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Police line di Rusunawa Sepanjang. (Foto : Eddy suarasurabaya.net)

Untuk kepentingan sterilisasi terhadap ancaman bahaya bahan peledak, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur masih menutup seluruh blok (4 blok) di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Sepanjang. Ini disampaikan Kombes Polisi Frans Barung Mangera Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur pada suarasurabaya.net, Senin (14/5/2018) dinihari.

Menurut Frans, setelah dilakukan analisis terhadap Tempat Kejadian Perkara (TKP) ledakan bom di blok B lantai 5 nomor 2, polisi menilai, penghuni rusunawa belum bisa menempati tempat tinggalnya masing-masing.

“Setidaknya sampai Senin (14/5/2015) siang kami harapkan proses sterilisasi ini sudah selesai,” kata dia.

Karena hal ini, lanjut Frans, pihaknya minta maaf pada para penghuni. “Ini semua kami lakukan untuk menjamin keamanan,” lanjutnya.

Dalam perisitiwa ledakan bom di rusunawa Sepanjang, 3 orang tewas, dan 2 lainnya luka-luka. Mereka adalah satu keluarga. Polisi menyebut Anton Febrianto (47 tahun) kepala keluarga tersebut sebagai pelaku yang menguasai bom.

Bom kemudian meledak, yang mengakibatkan Anton mengalami luka parah. Dia akhirnya ditembak polisi karena dalam proses sterilisasi, dia memegang switcher bom yang siap diledakkan. Korban lainnya yang meninggal dunia, Puspitasari (47 tahun) istri Anton yang tewas akibat ledakan pertama dan Hilta Aulia Rahman (17 tahun) puteri pertama Anton yang tewas juga dalam ledakan pertama.

Sementara 3 anak Anton, masing-masing AR (15 tahun), FP (11), dan GHA (10) masih hidup. FP dan GHA menurut Frans, mengalami luka-luka akibat ledakan pertama. “Mereka berdua dibawa kakaknya, AR ke RS Siti Khotijah, Sepanjang,” jelas Frans.(edy)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs