Rabu, 24 April 2024

Tim Mitigasi Persilakan Jalan Gubeng Dibuka dengan Dua Syarat

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pekerja proyek melakukan pengaspalan Jalan Raya Gubeng, Kamis (27/12/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng Surabaya memperbolehkan Jalan Raya Gubeng difungsikan kembali. Namun, Tim Mitigasi merekomendasikan dua hal teknis yang sebaiknya dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Dua rekomendasi itu, pertama, turap baja atau Steel Sheet Pile (SSP) di jalan Raya Gubeng sisi barat sudah terpasang. Selain itu, pengurukan tanah di galian basement itu, 1:2 kemiringannya atau tidak terlalu curam.

“Jalan itu bisa difungsikan kalau sebelah sisi barat sudah dipasang steel sheet pile, dan urukan tanah di galian basement itu 1:2 kemiringannya atau tidak terlalu curam,” kata Wahyu P Kuswanda Humas Tim Mitigasi Kelongsoran Jalan Raya Gubeng, kepada suarasurabaya.net, Kamis (27/12/2018).

Wahyu mengatakan, pemasangan steel sheet pile bisa dilakukan sambil jalan saat pengoperasian Jalan Raya Gubeng. Mengenai, kapan Jalan Gubeng akan dibuka, Wahyu menegaskan itu wilayah Kepolisian dan Pemkot Surabaya yang berwenang.

“Lingkup kami hanya merekomendasikan saja. Nanti teknisnya bisa dilakukan Pemkot dan Kepolisian, misalnya arusnya kan bisa disaring,” katanya.

Wahyu mengatakan, bila Jalan Raya Gubeng dibuka, sebaiknya sementara waktu jangan kendaraan berat. Bisa dicoba dengan kendaraan kecil-kecil dulu seperti kendaraan roda dua dan mobil pribadi.

“Tentunya ini terserah Pemkot yang akan koordinasi dengan Kepolisian terkait teknisnya,” katanya. (bid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs