Selasa, 30 April 2024

Tingkatkan Keterampilan, 180 Disabel Ikuti Workshop Bisnis Online

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebagian peserta workshop yang digelar BK3S dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional. Foto: istimewa

Meningkatkan keterampilan para disabilitas, Sabtu (1/12/2018) sekitar 180 disabel dari sejumlah kota di Jawa Timur ikuti workshop bisnis online yang digelar BK3S Jawa Timur khusus bagi para disabel.

Eka Gandhie Ketua Panitia workshop menjelaskan bahwa para disabel dari sejumlah kota di Jawa Timur ini sebelumnya memang sudah memiliki berbagai usaha kecil yang beragam.

“Dan pada kesempatan ini kami memberikan tambahan keterampilan terkait dengan bisnis zaman now, yang memang sudah dilakukan oleh masyarakat yaitu bisnis online,” terang Eka Gandhie.

Saat ini, lanjut Eka, produk barang yang dihasilkan para penyandang disabilitas ini memang sangat beragam, dan tidak kalah dengan produk-produk masyarakat pada umumnya.

“Hanya saja mereka belum mendapatkan pelatihan bagaimana jika produk mereka kemudian dijual secara online. Ini kesempatan untuk mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman baru untuk bisa berjualan atau berbisnis secara online. Karena produk mereka juga tidak kalah dengan pengrajin lainnya,” kata Eka.

Workshop bisnis online ini juga diharapkan meningkatkan kepercayaan diri para penyandang disabilitas untuk bersaing dengan produk-produk lainnya. “Harapan kami dengan workshop ini mereka juga punya kepercayaan diri untuk menjual produk-produk karya mereka,” tegas Eka.

Selain menghadirkan beberapa pelaku bisnis online yang sudah berhasil sebagai pemateri, turut hadir memberikan motivasi bagi para disabilitas untuk maju dalam bisnis online Tjuk K Sukiadi Ketua BK3S Jawa Timur.

Dijadwalkan, Sabtu (1/12/2018) malam kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan para disabiltas dengan ombusdman untuk saling bertukar informasi terkait keberadaan para disabel di tengah masyarakat.

“Jika memang ada keluhan terkait dengan layanan publik atau hal-hal lainnya maka kami berharap pada pertemuan itu, kawan-kawan penyandang disabilitas mau mengungkapkannya pada ombusdman,” pungkas Eka.

Kegiatan workshop dan sederet kegiatan lainnya dengan menghadirkan para disabilitas dari Jawa Timur di BK3S Jawa Timur ini sebagai bagian dari menyambut peringatan Hari Disabilitas Internasional 3 Desember.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs