Jumat, 17 Mei 2024

Tol Jakarta-Surabaya Akan Diresmikan Awal Desember 2018

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyampaikan rencana peresmian sejumlah proyek infrastruktur, dalam acara Kompas CEO Forum, Selasa (27/11/2018), di Jakarta Conventiomn Center. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengungkapkan, sejumlah proyek pembangunan infrastruktur sudah dalam tahap penyelesaian dan akan diresmikan dalam waktu dekat. Salah satunya, proyek jalan tol Trans Jawa.

Rencananya, Presiden akan meresmikan ruas jalan yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya tersebut pada Desember 2018, sebelum Hari Raya Natal.

Ada wacana, dalam peresmian itu Jokowi mencoba jalur dengan mengendarai sepeda motor.

Dengan beroperasinya Jalan Tol Jakarta-Surabaya secara fungsional, Jokowi berharap masyarakat bisa memanfaatkannya dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru 2019.

Sementara, untuk ruas jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi, Presiden menyebut kemungkinan baru bisa tersambung dan diresmikan pertengahan atau akhir tahun depan.

“Akhir tahun ini, pemerintah akan meresmikan sejumlah infrastruktur yang dibangun selama empat tahun belakangan. Awal Desember, tol Jakarta-Surabaya akan tersambung,” ujar Jokowi dalam acara Kompas CEO Forum, Selasa (27/11/2018), di Jakarta Convention Center.

Sebelumnya, Rini Soemarno Menteri BUMN sudah menelusuri jalan tol Surabaya sampai Jakarta. Menurutnya, kalau ruas tol sudah tersambung, waktu tempuh normal diperkirakan sekitar sebelas jam.

Untuk memastikan kelayakan Jalan Tol Jakarta-Surabaya, Kementerian Perhubungan akan segera melakukan uji coba kondisi jalan sepanjang 870 km itu bersama PT Jasa Marga.

Sampai sekarang, masih ada lima ruas tol sepanjang 230 km menuju Surabaya yang belum beroperasi.

Yaitu, Tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 km, Tol Pemalang-Batang sepanjang 33 km, Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km, Tol Salatiga-Solo sepanjang 32 km, dan Tol Wilangan-Kertosono sepanjang 39 km.

Kelima ruas tol tersebut targetnya akan dibuka penuh sebelum minggu kedua Desember 2018. (rid/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
26o
Kurs