Senin, 29 April 2024

Tugas Wartawan Makin Berat, PWI Jatim Kembali Gelar UKW

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana Uji Kompetensi Wartawan di PWI Jawa Timur, tahun 2017 lalu. Foto : Istimewa

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur kembali menggelar program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari, Sabtu dan Minggu 22 hingga 23 September 2018, di kantor PWI Jatim, Jalan Taman Apsari Surabaya.

Dengan mengusung tema “Menjadikan Wartawan Lebih Profesional, Kompeten, dan Berintegritas”, UKW kali ini merupakan pelaksanaan UKW ke-24. Kegiatan ini digelar oleh PWI Jatim dan terlaksana berkat hasil kerja sama dengan Bank Mayapada yang telah mendukung kegiatan ini sejak 3 angkatan UKW sebelumnya.

Akhmad Munir Ketua PWI Jatim mengatakan, kegiatan UKW yang terus menerus digelar oleh PWI Jatim merupakan wujud nyata dari komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas, serta moralitas wartawan.

Melihat makin beratnya tugas dan tantangan wartawan saat ini, menurut Munir, modal tersebut akan menjadi sangat penting. Ketika melakukan tugas-tugas jurnalistik di era keterbukaan, perkembangan teknologi, dan bombardir informasi terutama informasi hoaks lewat media sosial.

“Tanpa ada kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas yang tangguh, akan sulit bagi wartawan bisa terus menjaga marwah profesi yang luhur dan mulia ini,” ujarnya, Jumat (21/9/2018).

Hal itu, lanjut Munir, agar media massa dan wartawan tetap mampu menjadi kontrol sosial dan menjadi pilar keempat demokrasi sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.

Ainur Rohim, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim menambahkan, UKW angkatan ke-24 ini diikuti oleh 48 orang peserta. Peserta merupakan perwakilan berbagai media massa nasional, regional, dan lokal yang ada di Provinsi Jatim, baik media cetak, elektronik, maupun daring, serta peserta dari perwakilan PWI Jatim yang ada di kabupaten/kota yang anggotanya belum banyak mengikuti UKW.

“Asas pemerataan dan keterwakilan benar-benar sangat kita pertimbangkan dalam kepesertaan UKW ini,” ujarnya seperti dalam siaran pers PWI yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (21/9/2018).

Sebanyak 48 orang peserta UKW PWI Jatim angkatan ke-24 akan dibagi menjadi delapan kelas, yakni, lima kelas untuk UKW kelas muda, dua untuk kelas madya, dan satu untuk UKW kelas utama. Tiap kelas berisi enam wartawan atau peserta.

“Jumlah peserta tiap kelas berkurang satu, dari tujuh menjadi enam orang. Tujuannya agar uji kompetensi wartawan bisa lebih optimal dan mendalam untuk mengeksplor kemampuan para wartawan,” terang Air, panggilan Ainur Rohim.

Untuk peserta yang mengikuti UKW angkatan ke-24 ini, Air berpesan agar semua peserta benar-benar mempersiapkan diri dan membawa peralatan yang dibutuhkan, seperti laptop, flashdisk, dan perangkat lain.

“Terpenting, jangan lupa hari Sabtu besok pukul 07.00 WIB, peserta sudah harus datang ke tempat ujian di Kantor PWI Jatim,” ujar Air. (nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs