Sabtu, 20 April 2024

Wisata Lombok Sangat Dimintai Para Investor China

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Siti Nugraha Mauludiah Konsul Jenderal RI untuk Shanghai memaparkan tentang objek wisata Indonesia di ajang Festival Mikrofilm Ningbo, Sabtu (17/11/2018). Foto: Antara

Salah satu investor asal Provinsi Anhui, China, menyampaikan minatnya berinvestasi di bidang pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Mereka menyampaikan minatnya dengan mendatangi booth kami di CITM (ajang pemasaran pariwisata internasional di Shanghai, China),” kata Siti Nugraha Mauludiah Konsul Jenderal RI untuk Shanghai kepada Antara di Shanghai, Senin (19/11/2018).

Menurut dia, investor wilayah timur daratan Tiongkok itu sudah memiliki pengalaman mengantarkan wisatawan China ke Lombok.

“Mereka ini punya pasar wisatawan tersendiri di Anhui,” ujar perempuan yang biasa disapa Nining itu menambahkan.

Di ajang CITM yang digelar pada 16-19 November 2018 tersebut, Indonesia turut berpartisipasi dengan mendirikan Paviliun Indonesia.

Acara yang dibuka oleh pejabat setingkat Wakil Menteri Pariwisata China itu juga dihadiri oleh Arief Yahya Menteri Pariwisata RI dan Djauhari Oratmangun Duta Besar RI untuk China.

“Pameran wisata terbesar ini digelar di Shanghai juga karena kontribusi Shanghai sangat besar dalam hal kunjungan wisatawan China ke Indonesia,” kata Nining.

Pada tahun ini Kemenpar RI menargetkan 2,7 juta kunjungan wisatawan asal China. Sebelumnya pemerintah menargetkan 3 juta kunjungan wisman China. Namun direvisi menjadi 2,7 juta setelah terjadi gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah.

Hingga saat ini baru terealisasi sekitar 2 juta kunjungan wisatawan dari China ke sejumlah objek wisata, seperti Bali dan Manado, Sulawesi Utara.

“Kami tidak mematok target khusus dari ajang CITM. Secara umum, kami menginginkan agar target tersebut tercapai,” kata Konjen.

Dalam pameran pariwisata di kota terkaya di China itu, Indonesia memasarkan paket wisata minat khusus, seperti menyelam dan golf.

“Selain itu, pameran ini difokuskan untuk meyakinkan para wisatawan China setelah beberapa wilayah di Indonesia dilanda bencana,” ujar Nining.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs