Sabtu, 27 April 2024

Jasa Marga: Jakarta-Surabaya Lewat Tol Trans Jawa Cuma 10 Jam

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
alan Tol Gempol-Pasuruan Seksi II (Rembang-Pasuruan), yang diresmikan Joko Widodo Presiden, Jumat, (22/6/2018). Foto: Humas Jasa Marga

Waktu tempuh Jakarta-Surabaya yang berjarak 760 kilometer dapat ditempuh paling lama 10 jam melalui tol Trans Jawa asalkan masalah kemacetan di salah satu ruas terpadatnya, yakni tol Jakarta-Cikampek, bisa diselesaikan.

Desy Arryani Direktur Utama PT Jasa Marga Persero Tbk mengatakan, pihaknya masih berupaya keras untuk mengurangi kepadatan di ruas Jakarta-Cikampek.

Dia berjanji enam bulan mendatang atau menjelang Lebaran 2019, kepadatan ruas Jakarta-Cikampek sudah signfikan berkurang. Dengan demikian, konektivitas Trans Jawa bisa semakin optimal.

“Waktu tempuh sebenarnya sangat pendek, idealnya tidak lebih 10 jam. Itu kalau Jakarta Cikampek sudah lancar, sudah ada elevated jarak jauh, sudah ada jalan yang lebih longgar. Kita harapkan Lebaran 2019 itu sudah lancar (Jakarta-Cikampek),” ujarnya di Gerbang Tol Waru, Surabaya, Jawa Timur, dilansir Antara, Minggu (11/11/2018).

Saat ini, dengan estimasi masih padatnya ruas tol Jakarta-Cikampek yang berjarak 63 kilometer, waktu tempuh Jakarta-Surabaya melalui Tol Trans Jawa diperkirakan Desy maksimal hingga 14 jam. “Karena Jakarta-Cikampek masih ramai kami perkirakan masih sekitar 14 jam,” ujar dia.

Ketika kepadatan Jakarta-Cikampek sudah bisa dikurangi secara signifikan, Desy bahkan memperkirakan konektivitas Jakarta-Surabaya untuk perjalanan pulang-pergi memungkinkan ditempuh dalam satu hari. “Jadi manfaat ke arus logistiknya cukup besar, asalkan dipersiapkan dengan baik,” kata dia.

BUMN Jasa Marga sejauh ini mengelola dan mengoperasikan 13 ruas dari 20 ruas tol di Jaringan Tol Trans Jawa. Jaringan yang dimiliki Jasa Marga itu termasuk tiga ruas tol yang segera dioperasikan pada akhir tahun ini, yaitu Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km, jalan Tol Solo-Ngawi Segmen Sragen-Ngawi sepanjang 51 km, jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 km.

Tiga ruas tol itu, dijanjikan Desy, akan siap digunakan saat perayaan liburan Natal dan akhir tahun 2018. Saat dioperasikan akhir tahun ini, ketiga ruas itu belum dikenakan tarif karena masih dilakukan sosialisasi tarif dan uji coba. “Jadi, ini diresmikan semua tahun ini, tetapi mungkin tarifnya awal tahun depan. Awal Januari 2019,” ujarnya.

Per Oktober 2018, baik dari jaringan Trans Jawa maupun di luar Trans Jawa, Jasa Marga mengoperasikan 787,5 kilometer jalan tol, dan pada akhir 2018 perseroan menargetkan menjadi 984 km. Sedangkan untuk konsesi, Jasa Marga mengantongi konsesi 1.527 km jalan tol.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs