Kamis, 9 Mei 2024

Kunci Sukses Sosialisasi Safety Riding: Guyub Dulu, Baru Penyadaran

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Yel-yel di kegiatan roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya di Kampung Dukuh Jurang Indah, Surabaya, Sabtu (24/11/2018) malam. Baskoro suarasurabaya.net

Penyadaran akan pentingnya keselamatan berkendara di Kampung Dukuh Jurang Indah, Surabaya, dilakukan secara bertahap. Sosialisasi dianggap para Agent Keselamatan Berkendara di kampung ini bukan langkah pertama.

Satuman Agent Kampung Dukuh Jurang Indah, Surabaya, menilai, kerukunan dan rasa guyub menjadi hal pertama yang harus dibangun.

“Kalau terkait keselamatan berkendara, saya rasa warga sudah paham. Meski belum sadar. Yang susah itu mengguyubkan. (Yang harus dilakukan, red) lebih ke merukunkan warga,” kata Satuman ketika ditemui di sela-sela kegiatan roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya di kampungnya pada Sabtu (24/11/2018) malam.

Ia menyebut, jika warga sudah saling guyub dan rukun, sosialisasi akan lebih mudah dilakukan. Menurutnya, warga tidak akan lagi malu dan takut saling mengingatkan jika ada warga yang melakukan kesalahan atau kelalaian dalam berkendara.

“Tapi jika tidak, untuk mengingatkan saja sungkan (takut,red). Nanti takut dianggap ikut campur,” ujarnya.

Untuk membangun budaya guyub dan rukun, agent keselamatan berkendara Kampung Dukuh Jurang Indah menyiapkan penampilan-penampilan kolaboratif pada Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya di kampungnya, Sabtu (24/11/2018) malam.

Satuman mengatakan, semua elemen kampung ikut andil dalam roadshow di kampungnya. Ibu-ibu PKK menampilkan yel-yel dan tarian terbaik. Tak hanya itu, mereka juga melatih anak-anak kecil untuk tari modern. Karang Taruna (Kartar) pun tak mau kalah. Mereka menampilkan Tari Ganongan di Roadshow malam ini. Tak cukup, puluhan warga yang hadir di roadshow ini pun menampilkan Flash Mob dengan lagu Kewer-Kewer secara bersamaan.

Tak hanya ketika Roadshow, agent kampung ini juga mendorong keguyuban lewat menghias bersama dinding-dinding di kampung mereka dengan tema keselamatan berkendara. Mural-mural yang saat ini sudah terpampang di dinding-dinding kampung, merupakan hasil kolaborasi dari karang taruna (kartar) dan pengurus kampung.


Mural tentang keselamatan berkendara di Kampung Dukuh Jurang Indah, Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Ia berharap, dengan keguyuban yang mulai terbangun, kesadaran keselamatan berkendara makin mudah dilakukan. Kedepan, ia ingin agar warga makin banyak yang memahami keselamatan berkendara serta makin guyub.

Sebagai Informasi, Roadshow ini adalah bagian rangkaian Roadshow Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya yang diadakan di 15 kampung di Kota Surabaya. (bas/tin/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
27o
Kurs