Kamis, 25 April 2024

Aksi Diam 59 Menit untuk Hari Tani Nasional

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sejumlah massa yang mengatasnamakan Aliansi Sipil Surabaya menggelar aksi diam selama 59 menit di depan Taman Apsari, Surabaya pada Selasa (24/9/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sejumlah massa yang mengatasnamakan Aliansi Sipil Surabaya menggelar aksi diam selama 59 menit di depan Taman Apsari, Surabaya pada Selasa (24/9/2019). Mereka berdiri diam sambil memegang poster bertuliskan “Tanah Untuk Rakyat Bukan Untuk Penindas”.

Cahyo Wulan Prayogo perwakilan aliansi mengatakan, aksi diam ini ditujukan untuk merespon 59 tahun disahkannya UU Pokok Agraria pada tahun 1960. Pada perayaan Hari Tani Nasional yang jatuh pada Selasa (24/9/2019), mereka menilai masih banyak persoalan agraria di negeri ini yang belum tuntas.

“Masih banyak problem agraria yang terjadi hingga saat ini. Perampasan tanah, penggusuran, penindasan terhadap petani. Kami ingin merayakan, memperingati, banyak hal terjadi dan yang tidak kita inginkan, banyak yang tidak sesuai dengan UU PA (UU Pokok Agraria, red) itu,” ujar Prayogo pada Selasa (24/9/2019).

“UU PA menjadi tonggak penting dan tuntutan kami yang utama adalah wujudkan reforma agraria secara sejati. Agar indonesia lebih berdaulat terhadap pangan, juga lindungi aktivis lingkungan, dan sejahterakan petani,” lanjutnya.

Sebelumnya, aksi memperingati Hari Tani Nasional juga dilakukan sejumlah organisasi Surabaya dengan berdemo di depan DPRD Jatim. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs