Jumat, 19 April 2024

Bahasa Indonesia Diajarkan di Vietnam National University

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ibnu Hadi Duta Besar RI untuk Republik Sosialis Vietnam memberikan sambutan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengajaran Bahasa Indonesia di USSH VNU Hanoi pada Jumat (15/02/2019). Foto: Antara

Ibnu Hadi Duta Besar RI untuk Republik Sosialis Vietnam dan Prof. Pham Quang Minh Rektor University of Social Sciences and Humanities, Vietnam National University (USSH VNU), Hanoi, tandatangani Nota Kesepahaman tentang Pengajaran Bahasa Indonesia di USSH VNU Hanoi pada Jumat (15/2/2019).

Dilansir Antara, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tersebut maka Bahasa Indonesia resmi menjadi salah satu mata kuliah di USSH VNU Hanoi.

Dalam sambutannya, Ibnu Hadi Dubes RI Hanoi sampaikan apresiasinya kepada USSH VNU Hanoi dalam membantu mempromosikan Bahasa Indonesia di Vietnam dan berharap pengajaran Bahasa Indonesia dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Dubes RI Hanoi juga turut mengundang mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut untuk belajar Bahasa Indonesia di Indonesia melalui beasiswa Darmasiswa.

Menanggapi hal tersebut, Prof. Pham Quang Minh Rektor USSH VNU Hanoi menyampaikan bahwa pengajaran Bahasa Indonesia di USSH VNU Hanoi merupakan bagian dari tugas dan misi USSH VNU Hanoi untuk berkontribusi dalam meningkatkan peran Vietnam di ASEAN melalui pengajaran bahasa dengan jumlah penutur terbanyak ke-4 di dunia dan pertama di ASEAN.

Mata kuliah Bahasa Indonesia pertama kali akan mulai diajarkan pada Senin (18/2/2019) dengan dukungan tenaga pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bahasa Indonesia yang rencananya diajarkan sebanyak empat kali dalam satu minggu tersebut akan menjadi bagian dari program studi Asia Tenggara di Fakultas Studi Ketimuran (Oriental Studies).

Pengajaran Bahasa Indonesia di USSH VNU Hanoi juga merupakan salah satu implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) on Education yang ditandatangani pada tahun 2017 lalu saat kunjungan Sekretaris Jenderal Nguyen Phu Trong ke Jakarta.

Upaya ini diharapkan dapat semakin memperkuatkan kemitraan strategis Indonesia – Vietnam dengan mendorong kalangan generasi muda Vietnam untuk lebih mengenal Indonesia. (ant/wil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs