Sabtu, 20 April 2024

Banyak pemohon SIM Bingung dengan Kebijakan baru Tes Psikologi

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Banyak masyarakat masih bingung dengan kebijakan baru yang mewajibkan tes psikologi sebagai salah satu syarat mendapatkan SIM. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Banyak masyarakat masih bingung dengan kebijakan baru yang mewajibkan tes psikologi sebagai salah satu syarat mendapatkan SIM. Hal ini terlihat di layanan tes psikologi yang terletak di Mall TP 2 lantai LG, Surabaya pada Selasa (17/12/2019).

Banyak pemohon yang harus kembali dengan tangan kosong karena tidak mengetahui persyaratan dan jam layanan tes psikologi.

Yogi Dwi Januar Putra Asisten Tes Psikologi di Mall TP 2 mengatakan, layanan tes psikologi di tempat ini buka dari pukul 10.00 WIB hingga 19.30 WIB.

Rinciannya, tes akan digelar hingga pukul 12.00 WIB. Setelahnya, mereka hanya melayani bagi para pemohon yang masa berlaku SIMnya akan habis pada hari yang sama. Selain itu, layanan di TP 2 hanya melayani pemohon SIM perpanjangan. Sedangkan untuk pemohon baru hanya dilayani di Satpas Colombo.

Pengamatan suarasurabaya.net di lokasi, banyak pemohon harus kembali karena datang di atas pukul 12.00 WIB. Kebanyakan dari mereka mengaku tidak mengetahui jika layanan tes psikologi bagi pemohon yang masa berlaku SIMnya tidak habis pada hari yang sama hanya sampai pukul 12.00 WIB.

“Gak tau kalau peraturannya gitu. Ini tadi saya sempatkan kesini, ternyata harus kembali. Harusnya ada sosialiasi yang jelas,” ujar Martha, salah satu pemohon.

Selain para pemohon yang memang berniat melakukan perpanjangan, beberapa pengunjung mall yang melihat roll banner pengumuman kebijakan baru ini juga menyempatkan untuk bertanya pada panitia. Sisanya, hanya melihat dan memfoto berbagai pengumuman yang ditempel di lokasi.

Sebagai informasi, AKP Sigit Indra Kanit Regident Polrestabes Surabaya mengatakan, aturan baru ini sesuai dengan UU Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 pasal 81 ayat 4 terkait persyaratan kepemilikan SIM meliputi syarat kesehatan jasmani dan rohani. (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs