Sabtu, 11 Mei 2024

Bapenda Jatim Optimistis Target Rp340 M dari Bebas BBNKB dan PKB Tercapai

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Antrean di Kantor Samsat Manyar Surabaya Timur, Jumat (14/12/2018), menjelang hari terakhir masa pemutihan pajak kendaraan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur optimistis target Rp340 miliar dari bebas pajak untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan bebas sanksi administrasi bagi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tercapai.

Boedi Prijo Suprajitno Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur mengatakan, program ini sudah dimanfaatkan lebih dari 28 ribu wajib pajak.

“Tidak hanya wajib pajak di Jatim, sekitar 4.341 objek pajak dari luar Jatim juga masuk ke Jatim. Artinya saat ini kendaraan di Jawa Timur makin meningkat,” kata Boedi pada Radio Suara Surabaya, Kamis (31/10/2019).

Kata Boedi, sampai saat ini Bapenda Jatim sudah mendapatkan pemasukan Rp132 miliar dan insentif yang diberikan sekitar 27 miliar. Jumlah ini perolehan dari 1.900 objek pajak.

Dengan adanya program pemutihan ini, kata Boedi, peningkatan wajib pajak makin meningkat dengan jelas. Jika dilihat tahun 2018 tunggakan pajak ini sekitar Rp500 miliar.

“Kemudian sudah tertangani dan turun Rp340 miliar. Saat ini saja sudah mencapai Rp132 miliar. Jadi kami optimis tunggakan ini akan makin tergerus. Ini juga membuktikan betapa wajib pajak sangat bergairah karena layanan juga ditinggatkan,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
29o
Kurs