Kamis, 28 Maret 2024

Cuaca Ekstrem Bayangi Wilayah Indonesia Selama Libur Akhir Tahun

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan keterangan perihal potensi cuaca ekstrem selama liburan akhir tahun dalam telekonferensi dengan wartawan di Kantor BMKG Jakarta, Senin (23/12/2019). Foto: Antara

Cuaca ekstrem membayangi sebagian besar wilayah Indonesia selama masa libur akhir tahun 2019 menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG mengatakan bahwa hujan lebat berpotensi turun di sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah tujuan wisata, selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
​​​​​​
“Dalam sepekan terakhir, terjadi distribusi curah hujan cukup signifikan di sebagian besar wilayah Indonesia,” kata Dwikorita, Senin (23/12/2019), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi akibat dinamika atmosfer skala regional dan lokal terkini, termasuk Monsun Asia yang mulai menunjukkan aktivitas signifikan.

Aktivitas Monsun Asia, ia melanjutkan, menyebabkan peningkatan massa udara basah, terbentuknya pola konvergensi, pelambatan dan belokan angin di beberapa wilayah, dan suhu muka laut hangat yang mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, kata Rita, BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat di wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca ekstrem, menurut dia, juga berpotensi melanda Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Rita mengatakan bahwa seiring dengan kedatangan cuaca ekstrem, gelombang tinggi berpeluang menghampiri sebagian wilayah pesisir di Indonesia. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs