Jumat, 19 April 2024

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Ponorogo

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Petugas berjaga di sekitar lokasi penggerebekan terduga teroris di jalan raya Desa Pohijo, Sampung, Ponorogo, Minggu (30/6/2019). Foto: Antara/istimewa

Seorang terduga teroris berinisial BTK (42), warga asal Klaten, Jawa Tengah ditangkap tim Detasemen Khusus 88 saat perjalanan menuju Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada Minggu (30/6/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Aksi penggerebekan yang dilakukan oleh tim Densus itu berlangsung di jalan alternatif Wonogiri-Ponorogo, di Desa Pohijo, Kecamatan Sampung, Ponorogo berlangsung dramatis dan sempat menjadi pusat perhatian warga.

Hal itu karena petugas terlatih berpakaian preman yang menggunakan beberapa kendaraan roda empat dan sepeda motor sempat melakukan pencegatan terhadap kendaraan Toyota Avanza nopol B 1844 POD warna perak yang dikendarai BTK seorang diri.

Kendati tidak ada perlawanan, BTK sebagaimana penuturan sejumlah saksi mata, sempat diminta keluar mobil dan tiarap dengan kedua tangan di atas tengkuk.

Petugas Densus tampak bersiaga dengan senjata api terarah ke BTK sampai petugas lain selesai memborgolnya.

“Ada beberapa warga yang tadi sempat mengambil gambar (foto/video) saat penggerebekan terjadi. Namun kemudian mereka didatangi petugas dan diminta untuk dihapus,” kata Sugianto, saksi mata, seperti dilansir Antara.

Dikonfirmasi dengan hal itu, AKBP Radiant Kapolres Ponorogo membenarkan kejadian tersebut.

“Iya benar, ada penangkapan (terduga teroris, red.),” katanya.

Namun, ia tidak menjelaskan rinci asal-usul pria yang sempat diamankan tim Densus tersebut.

Ia juga mengaku belum tahu keterkaitan terduga teroris itu dengan jaringan kelompok radikal mana.

“Langsung diamankan dan dibawa ke Jakarta. Lain-lainnya tidak tahu,” katanya.

Namun. menurut sumber yang diperoleh awak media, BTK masih ada kaitan dengan kelompok Solo.

Tim Densus 88 rupanya telah lama memantau pergerakan BTK. Terduga bahkan sempat dibuntuti sejak dari wilayah Desa Soco Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri sampai wilayah Kabupaten Ponorogo.

Penggerebekan akhirnya dilakukan tim Densus saat terduga teroris yang diketahui tinggal sementara (mengontrak rumah) di RT18/RW06 Perumahan Grisimay, Blok C-14, Kelurahan Mangunsuman, Siman, Ponorogo itu, sampai di jalan raya Sampung Desa Pohijo, Kecamatan Sampung dengan dibantu unit Buru Sergap Polres Ponorogo. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs