Sabtu, 27 April 2024

Depan Grahadi Dibuka Satu Lajur untuk Siswa SMA Peserta UNBK

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Jalan Gubernur Suryo terpantau dibuka satu lajur dan ada polisi maupun TNI yang siaga di lokasi. Foto: Denza suarasurabaya.net

Kurang lebih 891 peserta dari empat matra taruna sudah siap melaksanakan Pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda) Nusantara 2019, Senin (1/4/2019).

Pantauan suarasurabaya.net, para peserta sejak pagi disiagakan ke dalam beberapa regu taruna. Barisan sempat diistirahatkan di Jalan Gubernur Suryo.

Acara yang dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB sampai saat ini belum dimulai.
Panitia menyebutkan beberapa menit lagi upacara akan dimulai.

Saat ini, jalan Gubernur Suryo sudah steril dari kendaraan. Penutupan jalan dilakukan sejak Jalan Simpang Dukuh. Demikian halnya di Jalan Tunjungan juga di Jalan Basuki Rahmat.

Namun, untuk siswa maupun orangtua siswa SMA Negeri maupun swasta yang mengikuti maupun mengantarkan anak mereka mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer masih diizinkan melintas.

Jalan Gubernur Suryo terpantau dibuka satu lajur. Petugas polisi maupun TNI akan menanyakan tujuan pengendara melintas. Bila memang untuk kepentingan UNBK, pengendara diizinkan melintas.

Pembukaan Latsitarda Nusantara 2019 ke-39 yang dipusatkan di Jawa Timur ini memang bersamaan dengan pelaksanaan UNBK SMP dan SMA.

Ilham Persada salah satu guru SMA Trimurti mengatakan, sekolah pada akhirnya aktif mendata siswanya yang belum datang.

Sejumlah guru ditugaskan untuk menjemput anak-anak ini di titik penutupan jalan baik di Simpang Dukuh, Basuki Rahmat maupun di Jalan Tunjungan.

Soal pelaksanaan yang bersamaan dengan acara di Grahadi, Ilham menyatakan UNBK relatif tidak terganggu oleh suara drum band. Sebab pelaksanaan UNBK digelar di aula yang letaknya berada di bagian belakang sekolah.

Sekadar informasi, pembukaan Latsitarda Nusantara 2019 ini diikuti ratusan taruna-taruni baik dari Akademi Angkatan Darat (AAD), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi kepolisian (AKPOL) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sejumlah mahasiswa perwakilan beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur juga mengikuti kegiatan ini.

Dimulai dengan upacara di Gedung Negara Grahadi. Nanti akan dilakukan parade atau kirab taruna-taruni dari Grahadi ke Balai Kota Surabaya.

Setelah pembukaan, Latsitarda Nusantara 2019 akan berlangsung selama dua minggu.

Peserta akan mengikuti kegiatan di empat kabupaten di Jawa Timur berdasarkan satuan latihannya. Antara lain Satlak Macan akan dikirim ke Jember, Satlak Hiu ke Bojonegoro, Satlak Elang ke Trenggalek dan Satlak Kijang ke Pamekasan.

Mereka akan melakukan berbagai kegiatan fisik seperti pembangunan saluran air, pengaspalan jalan, tower air dan tempat wudhu.

Sementara kegiatan non fisik yang akan mereka lakukan seperti bakti sosial, donor darah, penanaman nilai juang kepada satpam dan hansip serta latihan Peraturan Baris-Berbaris.

Kegiatan ini bertujuan agar para taruna mampu berinteraksi dengan masyarakat sehingga kelak mereka menjadi perwira yang bisa bekerja sama melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara. (den/dwi/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs