Kamis, 28 Maret 2024

Dosen ITS Teliti Limbah Organik untuk Kembangkan Energi Alternatif

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof Dr Ir Soeprijanto MSc, Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Foto: Humas ITS Surabaya

Kembangkan energi alternatif, Prof Dr Ir Soeprijanto MSc, Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil membuat penelitian manfaatkan limbah organik menjadi biogas dan bioetanol.

Kisahnya bermula saat Prof Dr Ir Soeprijanto MSc melihat limbah makanan, buah, dan sayuran yang berada di pasar. Dosen Departemen Teknik Kimia Industri ini akhirnya melakukan penelitian biogas dari limbah-limbah yang dianggap kebanyakan orang sudah tak berarti dan memiliki nilai ekonomi yang kecil.

“Saya yakin limbah kalau diolah bisa jadi lebih berguna, misalnya dijadikan bahan bakar dan juga pupuk organik,” terang Prof Dr Ir Soeprijanto MSc.

Melalui satu diantara penelitiannya berjudul: Pengembangan Prototype Bioreaktor Anaerobik untuk Biogas melalui Proses Co Digestion Limbah Buah dan Sayuran Pasar, ia pun mengambil fokus ke limbah buah dan sayuran.

“Saya menggunakan sampel kulit pisang dan bahan sisa yang memiliki kandungan selulosa, hemiselulosa serta lignin,” kata Soeprijanto.

Setelah melalui proses grinding, semua limbah buah dan sayuran kemudian diumpankan ke dalam digester anaerobic. Sehingga dengan melalui proses fermentasi akan dihasilkan produk biogas.

Sedangkan hasil samping dari proses fermentasi tersebut berupa padatan dan cairan, yang bisa digunakan sebagai pupuk organik. “Apabila melihat residu pertanian yang tidak berguna, ada keinginan saya untuk menjadikannya sesuatu yang berguna,” tambah Soeprijanto.

Inspirasi penelitian ini, lanjut Soeprijanto diperoleh dari pengembangan ilmu yang sudah dipelajari saat studi S 2 (master) di Gent, Belgia dan S 3 (doktoral) di Glasgow, Skotlandia. Penelitian ini pun sudah berlangsung kurang lebih sepuluh tahun.

“Setiap penelitian yang telah selesai saya buat selalu dipublikasikan sebagai prosiding dan jurnal ilmiah, penelitian ini biasanya juga berjalan multiyears,” jelas Soeprijanto.

Tak berhenti sampai di situ, pengembangan penelitian biogasnya juga dilakukan dengan memanfaatkan eceng gondok. Selain biogas, ia juga melakukan penelitian pembuatan bioetanol yang berasal dari sorgum, batang dan tongkol jagung.

Bahkan juga mengolah limbah singkong dari industri tepung tapioka melalui proses hidrolisis enzim dan fermentasi. “Saya berharap setelah (penelitian) ini, juga dapat mengembangkan bahan bakar biobutanol dari biomassa dan biogasoline dari limbah minyak goreng,” pungkas Soeprijanto, Kamis (31/10/2019).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs