Sabtu, 28 November 2020

Empat Kampus Gelar Pelatihan agar Nelayan Lebih Berdaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pelatihan cara-cara meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan di Balai Kelurahan Gununganyar Tambak, Surabaya pada Minggu (3/3/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Sebanyak 107 warga Gununganyar Tambak mendapat pelatihan kewirausahaan tentang cara-cara meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan di Balai Kelurahan Gununganyar Tambak, Surabaya pada Minggu (3/3/2019).

Pelatihan yang digelar Universitas Ciputra (UC) dalam rangkaian acara Triple U x UC ini berupaya untuk memberikan pemahaman kepada warga nelayan bahwa nilai jual hasil tangkapan mereka bisa naik jika mereka tidak langsung menjualnya begitu saja pada pengepul. Alexander Marfin Ketua Panitia dari UC mengatakan, materi yang diajarkan seputar pengolahan seafood, pengemasan, dan pemasaran.

“Pelatihan ini diharapkan mampu membuka pikiran para nelayan, bahwa untuk menghidupi keluarganya, mereka perlu mengolah dan memasarkan produk seafood mereka lebih baik. Selama ini mereka kan habis dapat dari laut, langsung dijual ke pengepul,” ujar Alex ketika ditemui di sela-sela acara pada Minggu (3/3/2019).

Ia mengatakan, setelah pelatihan ini digelar, mereka akan melakukan pemantauan dalam satu bulan kedepan. Mereka ingin memastikan bahwa pelatihan yang mereka berikan kepada ratusan nelayan ini membawa dampak nyata pada perekonomian warga.

Sebagai informasi, pelatihan ini mengundang dua pembicara yaitu Chef Hugo yang mengajarkan mengenai pengolahan seafood dan Sonata Christian yang memberi pengajaran tentang pengemasan dan pemasaran produk. Acara ini merupakan rangkaian acara pengabdian masyarakat yang digelar oleh empat kampus dari BEM UK Petra, Ubaya, UPH, dan Universitas Ciputra. (bas/iss/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Hujan Deras di Balonggebang Nganjuk

Kemacetan di Perak Barat

Kecelakaan di Simpang Empat Mertex Mojokerto

Surabaya
Sabtu, 28 November 2020
26o
Kurs