Jumat, 26 April 2024

Empat Sungai di Surabaya Berpotensi Jadi Transportasi Air

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Sungai Kalimas Surabaya. Foto: dok suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya telah memetakan empat sungai besar yang berpotensi dapat dikembangkan sebagai jalur angkutan perairan.

Irvan Wahyudrajat Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mengatakan, empat sungai yang sudah melalui survei untuk dikembangkan jadi sebagai jalur transportasi air adalah Sungai Kalimas, Sungai Kali Jagir, Sungai Kali Branjangan, dan Sungai Kali Greges.

“Tahap awal kami telah melakukan survei, dan hasilnya ada empat sungai itu yang berpotensi menjadi jalur transportasi air,” ujar Irvan kepada suarasurabaya.net, Rabu (4/12/2019).

Dari survei itu, Irvan menyebutkan empat sungai itu memiliki karakter lokal tersendiri yang bisa dipetakan peruntukannya sebagai jalur transportasi air. Sungai Kalimas termasuk lengkap, bisa untuk wisata, transportasi umum, dan logistik.

Sedangkan Sungai Kali Jagir, kata Irvan merupakan sungai kedua terbesar yang memiliki potensi untuk transportasi umum.

“Sungai Kali Branjangan dengan rute Branjangan-Romokalisari bisa untuk jalur angkutan logistik. Begitu juga Sungai Kali Greges bisa dipakai untuk transportasi logistik dengan rute Greges-Teluk Lamong,” katanya.

Irvan mengatakan, progres selanjutnya akan dilakukan di tahun 2020 berupa penyusunan masterplan perencanaan angkutan perairan sungai, penentuan titik dermaga-konektivitas antar moda, memetakan potensi demands angkutan perairan, dan studi kelayakan angkutan perairan.

“Pada tahun 2021 barulah direncanakan pembentukan produk hukum pendukung operasional angkutan perairan, penyediaan sarana-prasarana angkutan perairan, dan persiapan rencana operasional angkutan perairan pada alur yang menjadi prioritas,” katanya. (bid/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs