Jumat, 1 Juli 2022

Fresh Graduate Academy Berikan Sertifikasi Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D., penanggung jawab program pelatihan FGA di UK Petra, menjelaskan program beasiswa pelatihan pada peserta. Foto: Humas UK Petra

Fresh Graduate Academy (FGA), Senin (1/7/2019) dibuka di Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, sebuah beasiswa pelatihan yang digagas program Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

FGA adalah program pemerintah berupa beasiswa pelatihan selama 144 jam pelajaran bidang Teknologi Informasi Komputer (TIK) yang berfokus pada enam pelatihan, yang sesuai era revolusi industri 4.0, yaitu Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet of Things, dan Machine Learning.

Program ini ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate D3/D4/S1 bidang Teknik dan MIPA yang belum bekerja. Merujuk website dari Kominfo, dari kegiatan ini akan memberikan kemampuan siap pakai bagi lulusan D3/D4/S1 yang terampil di bidang teknologi dan dapat mengurangi angka pengangguran.

Jumlah peserta dalam pelatihan FGA di UK Petra Surabaya pada Senbin (1/7/2019) kurang lebih 55 orang peserta dari masyarakat umum dan mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya sendiri.

Selama empat jam tiap harinya dalam 36 hari para peserta dijadwalkan akan mendapatkan pembahasan mengenai dasar-dasar Machine Learning dengan Python. Kegiatan pelatihan ini berupa tatap muka (offline), praktek, kelas pendamping, uji kompetensi dan sertifikasi.

Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D., penanggung jawab program pelatihan FGA di UK Petra, menyampaikan bahwa pihak kampus bersama dengan kampus swasta lainnya yang mengadakan pelatihan ini hanya melakukan Machine Learning saja.

“Tugas kami dan universitas swasta terpilih lainnya melakukan pelatihan di bidang Machine Learning saja. Karena itu pada pelatihan ini kami membagi ke 55 peserta menjadi dua sesi kelas dengan empat jam pelatihan pada setiap sesi,” terang Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D.

Namun demikian, ditambahkan Henry bahwa peserta akan mendapatkan sertifikat berkelas internasional, karena memang pelatihan ini juga diisi oleh para pemateri yang telah memiliki kemampuan serta keterampilan bersertifikasi internasional.

“Peserta akan mendapatkan kesempatan mendapatkan AWS Cloud Practitioner Certification (sertifikat internasional). Sedangkan UK Petra pada pelatihan ini telah mempersiapkan 9 tenaga pengajar berkompetensi di Machine Learning dan familiar dengan dasar-dasar Python serta librarynya (scipy, numpy, matplotlib). Ini sangat penting,” pungkas Henry.

Sementara itu, seluruh kegiatan pelatihan setelah dilakukan seremonial pembukaan pada Senin (1/7/2019) dilaksanakan di Ruang Konferensi IV Gedung Radius Prawiro lantai 10 kampus UK Petra Surabaya.(tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
30o
Kurs