Sabtu, 27 April 2024

Gunakan MLRS Vampire Korps Marinir, Roket R Han 122B Diuji Coba

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Alutsista MLRS Vampire Korps Marinir digunakanuji coba peluncuran Roket R HAN 122B. Foto: Dispen Kormar

Batalyon Roket 2 Marinir mendukung kegiatan penembakan uji dinamik Roket R-Han 122B di pantai Dampar Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan yang dipimpin oleh Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan RI dan dihadiri oleh pejabat di antaranya Irada Itjen Kemhan, Kadislitbangal, Kadislaikmatal dan Danyonroket 2 Letkol Marinir Anthonius Temmy Irawan.

Setelah lulus uji fungsi terbang yang dilakukan pada bulan Maret lalu dan berjalan sukses. Roket R Han 122B kembali diuji di Pantai Tempursari Lumajang, Jawa Timur.

Uji dinamis yang dilakukan kali ini untuk menguji kemampuan daya muat dengan berbagai jenis muatan yang dibawa roket, serta uji konsistensi performa roket dengan beban.

Dalam pengujian kali ini juga dilakukan pencatatan jarak capai dan kehandalan spesifikasi desain. Dengan menggunakan Multi Launcher Rocket System (MLRS) Vampire milik Korps Marinir, 45 unit R Han 122B berhasil diluncurkan dan membelah langit Pesisir Pantai Lumajang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Konsorsium Roket Nasional yang terdiri dari LAPAN, PT Pindad (Persero), PT Dahana (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), dan perwakilan dari Universitas Gajah Mada (UGM).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs