Sabtu, 8 Mei 2021

Gunung Sinabung Kembali Erupsi dan Ditetapkan Level Awas

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gunung Sinabung kembali erupsi dengan tinggi abu 2 km pada Selasa (7/5/2019) pukul 07.48 WIB. Erupsi terekam di seismogram amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik. Foto: Ricky/Twitter @Sutopo_PN

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (7/5/2019) pukul 07.48 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan informasi dari Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dalam rilisnya menyebutkan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 42 menit 49 detik. Hingga saat ini pun terpantau hujan abu masih berlangsung.

Sementara itu, Gunung Sinabung berada pada status Level IV (AWAS) dengan rekomendasi masyarakat atau pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km, serta 4 km untuk sektor Selatan-Barat dan Utara-Barat.

PVMBG juga mengimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, agar mewaspadai potensi banjir lahar saat terjadi hujan lebat.

Dilansir Antara, Gunung Sinabung terakhir kali meletus pada Senin 19 Februari 2018 dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 meter. Saat itu, besarnya letusan membuat sejumlah desa di Kabupaten Karo gelap gulita akibat tertutup material abu vulkanik.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 8 Mei 2021
28o
Kurs