Kamis, 2 Mei 2024

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Presiden Ingatkan Masyarakat Selalu Waspada

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Dok./suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden meminta masyarakat khususnya yang berada dan tinggal di sekitar Gunung Tangkuban Parahu meningkatkan kewaspadaan.

Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pascaterjadinya erupsi gunung di daerah Jawa Barat tersebut.

Selain waspada, Jokowi juga mengimbau masyarakat mengikuti arahan aparat pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI dan Polri.

“Saya minta masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu waspada. Ikuti semua yang disampaikan oleh aparat, dan hati-hati. Masyarakat di sekitar gunung tetap tenang, tidak panik, dan tidak terpancing oleh isu-isu,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Seperti diketahui, Jumat sore (26/7/2019), Gunung Tangkuban Parahu erupsi.

Letusan gunung setinggi 2084 meter diatas permukaan laut tersebut bersifat freatik, menyemburkan lumpur dingin warna hitam dari Kawah Ratu.

Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), wilayah yang terdampak letusan radius 500 meter dari kawah.

Untuk mengantisipasi risiko jatuhnya korban, aparat pemerintah sudah mengevakuasi pendaki dan pengunjung wisata Gunung Tangkuban Parahu.

Pengelola wisata di wilayah administrasi Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat pun langsung menghentikan operasional.

BPBD setempat mengimbau masyarakat mengambil jarak aman radius 2 kilometer dari kawah gunung, sedangkan untuk lokasi permukiman kurang lebih 7 kilometer dari kawah. (rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs