Jumat, 29 Maret 2024

Ibu yang Viral Jadi Korban Kekerasan Anaknya, Meninggal Dunia

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Proses penyelesaian masalah kekerasan anak terhadap ibunya di Polsek Tegalsari. Foto: Istimewa.

Kabar duka datang dari Rusmini yang beberapa waktu lalu videonya viral di media sosial. Perempuan warga Jalan Kedondong Tegalsari, Surabaya, ini mendapatkan perlakuan kasar dari anak kandungnya sendiri berinisial AP (21).

Kompol Rendy Surya Aditama Kapolsek Tegalsari mengatakan, Rusmini dikabarkan meninggal dunia hari ini, Selasa (27/8/2019), sekitar pukul 14.00 WIB di RSUD Soewandhie. Dia menderita penyakit komplikasi.

“Tadi saya telepon mas Syukur anak pertama, benar bahwa ibunya meninggal dunia tadi siang, karena sakit komplikasi. Jenazah dimakamkan di TPU Ngagel selesai shalat isya,” kata Rendy, kepada suarasurabaya.net.

Rendy menambahkan, pihaknya telah menugaskan Bhabinkamtibmas Polsek Tegalsari untuk memberikan pendampingan. Khususnya AP yang sempat melakukan kekerasan terhadap almarhumah Rusmini.

“Membantu menenangkan anak yang viral itu, agar ikhlas dan mendoakan yg terbaik untuk almarhumah,” terangnya.

Sebelumnya, Kasus AP (21) yang melakukan kekerasan terhadap ibunya akhirnya diselesaikan dengan mediasi kekeluargaan oleh Polsek Tegalsari. Keputusan ini diambil atas pertimbangan kemanusiaan karena permintaan dari Rusmini ibu pelaku yang tengah dalam keadaan sakit.

“Jadi secara kekeluargaan saja, tadi kita undang warga, Kecamatan, DP5a untuk mediasi dengan AP pelaku. Agar masalah tidak diulang kembali, pelaku akan diawasi oleh Bhabinkamtibmas,” ujar Kompol Rendy, Rabu (21/8/2019).

Rendy mengatakan, latar belakang kasus ini adalah masalah keluarga. Pelaku merasa kesal saat minta uang ke ibunya tidak dituruti. Karena menurut keterangan saudara-saudaranya, ibunya memang sedang tidak memiliki uang. Pelaku kemudian emosional sehingga terjadi kekerasan ini.

“Sebenarnya ini adalah permasalahan keluarga yang bersangkutan merasa kesal karena tidak dituruti oleh ibunya yang saat itu memang menurut pengakuan dari anak-anaknya tidak memiliki uang untuk menuruti permintaan yang bersangkutan,” katanya.

Video AP melalukan kekerasan kepada ibunya ini sempat viral di media sosial. Dalam video berdurasi 39 detik tersebut, seorang anak menendang kepala ibunya setelah sebelumnya diperingatkan agar tidak bersikap kasar dengan orang tua.

Video yang viral ini langsung direspons oleh anggota Polsek Tegalsari dengan mendatangi lokasi kejadian yang ada di Jl. Kedondong, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Polisi dan Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) Kota Surabaya melakukan mediasi dan penyelesaian kekeluargaan. Pelaku juga dimintai membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya. (ang/iss/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs