Rabu, 8 Desember 2021

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Gelar Takbiran

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah pada Minggu (2/6/2019) malam.

Syafri Malin Mudo Imam Mushalla Baitul Makmur di Padang, Minggu mengatakan hari ini merupakan hari terakhir puasa di bulan Ramadhan 1440 Hijriah dan setelah sholat Isya digelar takbiran menyambut Idul Fitri.

“Kami nanti setelah selesai menunaikan ibadah sholat Isya akan melaksanakan Takbiran bersama jemaah lainnya,” katanya, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya jemaah Tarekat Naqsabandiyah menyatakan satu Ramdhan jatuh pada Sabtu (4/5/2019) dan Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Senin (3/6/2019).

“Besok kami akan melaksanakan sholat ied di sini,” kata dia.

Ia mengatakan penentuan satu Ramadhan telah dihitung sejak bulan Rajab lalu.

Dirinya juga menjelaskan bahwa metode yang digunakan dalam penghitungan menggunakan hisab dan rukyat. Hisab adalah penghitungan dan rukyat artinya melihat bulan.

“Kalau untuk penentuan satu Ramadhan, telah kami hitung sejak awal Rajab lalu,” katanya.

Sementara untuk melakukan puasa sendiri, Jamaah Naqsabandiyah akan melakukan selama 30 hari dan setelah itu baru akan merayakan Idul Fitri.

Ia mengatakan Jamaah Tarekat Naqsabandiyah ini bukan hanya berasal dari Kota Padang, namun juga dari berbagai kota dan kabupaten di sekitar, seperti Kota Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan dan lainnya.(ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
25o
Kurs