Sabtu, 8 Oktober 2022

Jelang Akhir Tahun Surabaya Punya Tiga Taman Baru

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Taman Mozaik di Wiyung Praja. Foto: Dafin Majalah SCG

Jelang akhir tahun 2019, Kota Surabaya akan memiliki tiga taman baru. Masing-masing adalah taman Mozaik di Wiyung Praja, Taman Memorial di Balas Krumpik, dan Taman Kali Kedinding di Kalikedinding.

Dua taman yaitu Mozaik dan Memorial sudah bisa dinikmati warga sedangkan taman kedinding masih dalam tahap persiapan.

Taman Mozaik yang mengusung konsep spot swafoto kekinian, sejak selesai dibangun pada tahap satu berhasil menarik perhatian masyarakat Surabaya. Terbukti, sudah banyak warga yang mengunjungi taman ini untuk berfoto dengan latar objek bangunan berdinding mozaik warna warni.

Keunikan taman yang dulunya bekas lahan rawa-rawa ini terletak di sebuah bangunan di tengah taman. Berkat dinding akrilik mozaik berwarna-warni, warga bisa berswafoto dengan efek cahaya warna-warni yang menambah kesan instagramable.

Tak hanya itu, di malam hari pengunjung juga tetap bisa berswafoto berkat lampu-lampu di sekitar bangunan yang menyorot langsung ke bangunan.

“Disini (taman mozaik, red) murni untuk swafoto. Kita tidak banyak menampilkan bunga beraneka warna. tapi ada bangunan rumah model mozaik,” ujar Rochim Yuliadi Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya.

Sedangkan, taman kedua di Balas Krumpik mengusung konsep berbeda. Dinamakan Taman Memorial, karena memang di taman ini diletakkan prasasti-prasasti dari acara-acara internasional yang digelar Surabaya.

“Taman memorial di balas krumpik ini kita kan banyak aktivitas momen-momen berskala internasional. Kita sering ada prasasti. Kita bingung taruh mana. Ada ide kita bikin taman itu. Untuk menaruh prasasti even-even internasional. Jangan sampe prasasti itu magkrak tidak terpakai. Ada satu batu besar, kalau ada tamu-tamu datang, mereka akan membubuhkan tandatangan atau cap jari mereka,” jelasnya.

Selain prasasti, taman yang telah selesai tahap satu ini memiliki sebuah plaza berbentuk heksagonal. Menggunakan material dari pattern concrete berwarna merah dan ungu, pengunjung bisa menggunakan drone untuk berfoto dari atas untuk mendapatkan gambar terbaik.

Sedangkan, taman kali kedinding yang berada di jalan M Noer, Surabaya masih dalam tahap persiapan. Dulunya, lahan ini adalah bekas pasar kali kedinding. Rencananya di taman ini akan dibangun kidzone atau zona bermain anak, batu kesehatan, hingga panggung senam.

Sebagai informasi, dengan ditambahnya tiga taman baru ini, total taman di Surabaya akan berjumlah 613 taman. Dari 613 taman tersebut, 470 taman adalah taman pasif dan 143 lainnya merupakan taman aktif. (bas/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Sabtu, 8 Oktober 2022
25o
Kurs