Kamis, 18 April 2024

Jemaah Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya Diperkirakan Mencapai 60 Ribu Orang

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok suarasurabaya.net

Helmy M Noor Humas Masjid Al Akbar Surabaya memperkirakan jemaah Salat Idul Fitri di Masjid Al Akbar Surabaya pada 1 Syawal 1440 Hijriah, Rabu (5/6/2019) mencapai 60 ribu orang. Perkiraan jumlah jemaah yang akan mengikuti salat pada pukul 06.00 WIB itu sesuai kapasitas dalam dan luar Masjid Al-Akbar Surabaya.

Demi kenyamanan jamaah, Helmy mengatkaan, Masjid Al Akbar Surabaya akan menyiapkan 4 unit ambulans, 8 Dokter, dan 22 tenaga paramedis yang akan bersiaga selama berlangsungnya Salat. Tim kesehatan itu adalah gabungan dari klinik Masjid Al Akbar, RSUD Dr Sutomo, dan PMI Kota Surabaya.

“Kran air wudhu yang disiapkan sebanyak 500 buah, kamar mandi 54 unit, urinoir 64 unit, dan toilet 52 unit. Bagi kalangan Difabel, kami juga menyiapkan tempat wudlu khusus yang berada di sisi timur dekat air mancur. Ada petunjuknya,” kata Helmy, Selasa (4/6/2019) malam.

Sedangkan untuk area parkir motor dan mobil, pengurus Masjid Al-Akbar Surabaya sudah menyiapkannya di area dalam sisi barat dan utara masjid. Selain itu, juga ada kantong parkir di sekitar masjid, antara lain parkir utara di Kantor PWNU Jatim dan lapangan samping gereja, serta area paving luar masjid.

“Untuk pengamanan dan lalu lintas, selain Satpam Masjid kami juga sudah berkoordinasi dengan Polsek Jambangan, Polsek Gayungan, Polrestabes Surabaya, Koramil Gayungan, Satpol-PP Kota Surabaya dan Satpol-PP Provinsi, Dishub Kota Surabaya dan Jasa Marga area tol,” katanya.

Adapun Khatib Shalat Idul Fitri besok Prof. Dr. Masdar Hilmy, S.Ag, MA, PhD (Rektor UINSA Surabaya) dengan tema “Ramadhan dan Penguatan Semangat Rekonsiliasi Nasional”. Sementara KH Abdul Hamid Abdullah Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menjadi Imam Sholat Idul Fitri besok. (ang/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs