Senin, 29 April 2024

Jurnalis Sidoarjo Demo dengan Pertunjukan Teatrikal

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) menggelar aksi teatrikal di alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (26/9/2019). Mereka menolak pengesahan RKUHP yang mengancam kebebasan Pers serta mendesak Kapolri untuk menindak oknum aparat yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis saat melakukan peliputan. Foto: Antara

Aksi teatrikal mewarnai demonstrasi jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Sidoarjo (Forwas) di alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oknum aparat kepolisian terhadap jurnalis.

Eko Wibowo Yudho Koordinator aksi, mengatakan para jurnalis Sidoarjo menyinggung kekerasan yang menimpa jurnalis di beberapa daerah, dengan aksi teatrikal.

“Digambarkan, ada seorang jurnalis diperlakukan kasar, ditendang, dan dipukul oleh oknum aparat saat meliput,” katanya di sela aksi di Sidoarjo dilansir Antara.

Ia menjelaskan, ada empat poin yang disampaikan dalam aksi tersebut. Diantaranya, menuntut Kepolisian Republik Indonesia untuk mengusut kekerasan terhadap jurnalis.

“Kami menuntut Kepolisian RI harus mengusut oknum aparat kepolisian yang melakukan kekerasan terhadap jurnalis di berbagai daerah,” katanya.

Aksi itu, kata Eko, juga sebagai penolakan beberapa rancangan undang-undang yang tidak masuk akal.

“Ada empat hal. Seperti, penghapusan dwifungsi aparat baik TNI maupun Polri, Menindak tegas pembakaran hutan Kalimantan dan Sumatera, agar dihukum seberat-beratnya,” katanya.

Sebelumnya, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Kapolresta Sidoarjo berpesan kepada para pelajar di seluruh Kabupaten Sidoarjo supaya tidak ikut demo yang dilakukan Kamis (26/9/2019) hari ini.

“Situasi kamtibmas di Kabupaten Sidoarjo sampai saat ini sangat kondusif. Mari terus belajar menuntut ilmu serta patuhi pesan orang tua, guru, dan dosen anda semua,” katanya.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs