Kamis, 25 April 2024

KH Ma’ruf Tetap Ketua MUI Karena Permintaan Peserta Rakernas

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
KH Ma'ruf Amin Wakil Presiden Terpilih. Foto: Antara

Zainut Tauhid Wakil Ketua Umum MUI mengatakan, KH Ma’ruf Amin hanya nonaktif saja dari jabatan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), karena permintaan peserta Rakernas MUI, di Lombok, NTB, beberapa waktu lalu.

“Peserta rakernas MUI masih meminta beliau untuk melanjutkan sampai Munas yang akan datang, tahun 2020,” kata Tauhid, dilansir Antara, Sabtu (19/10/2019).

Dengan demikian, menurut dia, tidak ada rangkap jabatan di tubuh MUI dengan nonaktifnya Ma’ruf dari jabatan ketua, ketika resmi menjadi wakil presiden.

“Beliau mengatakan, begitu dilantik besok menyatakan nonaktif jadi tidak ada perangkapan (jabatan),” ucapnya.

Mengenai pelantikan Ma’ruf Amin menjadi wakil presiden, MUI mendoakan agar seluruh proses pelantikan bisa berjalan lancar, tidak ada kejadian yang menghambat proses puncak dari pesta demokrasi itu.

MPR telah memastikan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 dihelat pada pukul 14.30 WIB Minggu, 20 Oktober 2019.

Berbeda pada periode sebelumnya yang digelar pagi hari, pada tahun ini waktu pelantikan dimundurkan menjadi siang hari, dengan pertimbangan untuk memberi kesempatan kepada warga negara beragama Kristen Protestan dan Katolik untuk menghadiri kebaktian dan misa di gereja pada Minggu pagi. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs