Jumat, 29 Maret 2024

Kapal Bermuatan BBM Hilang Kontak di Perairan Maluku

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Pulau Hiri, Maluku Utara. Foto: Antara

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) melaporkan, Kapal Motor (KM) Berkat di rute Pulau Hiri-Pulau Batang Dua bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak satu ton yang juga mengangkut empat orang, mengalami hilang kontak.

Muhammad Arafah Kepala Basarnas Ternate melalui siaran pers yang dilansir Antara, Senin (28/1/2019) membenarkan adanya laporan dari keluarga korban bahwa KM Berkat rute Pulau Hiri – Pulau Batang Dua yang membawa BBM dan empat orang hilang kontak di perairan Ternate.

Mereka adalah Beron Lette (38), Aser Lette (36), Minggus Rajalahu (45), dan Arfen Lette (9).

Perahu tersebut tidak memiliki GPS maupun alat komunikasi radio dan bertolak dari Hiri, Laut Maluku, sejak Sabtu (26/1/2019) pukul 12.00 WIT.

Saat KM Berkat bertolak dari Ternate menuju Batang Dua, kapal itu dihadang cuaca buruk, sehingga perahu tersebut berlindung di Pulau Hiri dan bermalam.

Pada Minggu (27/1/2019) pukul 05.00 WIT, Perahu Berkat memutuskan untuk kembali melanjutkan pelayaran dari Pulau Hiri menuju Batang Dua dengan estimasi tiba di Batang Dua Pada pukul 12.00 WIT, namun hingga pagi ini, Perahu Berkat tidak kunjung sampai di Pelabuhan Batang Dua.

Oleh karena itu, pada Senin (28/1/2019) pukul 09.10 WIT, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan Korem 152/Babullah, Lanal Ternate, Ditpolairud Polda Malut, SROP Ternate, Orari dan Rapi meminta bantuan kepada kapal-kapal yang melintas di perairan tersebut.

Senin pagi, sekitar pukul 09.30 WIT, KN SAR 237 Pandudewanata bergerak menuju rute yang dilalui KM Berkat untuk melakukan pencarian dengan metode track line. (ant/wil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs