Jumat, 19 April 2024

Kasal Pimpin Upacara HUT ke-74 tahun Korps Marinir

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) saat meninjau peserta upacara HUT ke 74 tahun Korps Marinir. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puncak peringatan HUT ke-74 tahun Korps Marinir, Jumat (15/11/2019) ditandai dengan upacara di Bhumi Marinir Karangpilang Surabaya dengan inspektur upacara Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

Peringatan HUT ke-74 tahun Korps Marinir kali ini memilih tema: Profesionalitas, Loyalitas, dan Pengabdian Prajurit Petarung Korps Marinir Untuk NKRI dan diikuti ratusan anggota Korps Marinir ditambah sejumlah perangkat tempur Marinir.

Tidak kurang, upacara peringatan ini diikuti 1 Kompi Pasukan Khusus, 4 Brigade Pasukan Marinir serta 1 Kompi Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL. Seluruh Pasukan Upacara berdiri dengan latar belakang berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh Korps Marinir, mulai dari Kendaraan Tempur, Roket Multi Laras, Tank Amfibi, hingga Sea Rider.

4 Brigade Pasukan yang ikut dalam upacara ini diantaranya, Brigade 1 terdiri dari 3 Batalyon Infanteri, Brigade 2 terdiri dari 2 Batalyon Kavaleri dan 1 Batalyon Artileri, Brigade 3 terdiri dari 1 Batalyon Artileri dan 2 Batalyon Bantuan Tempur, dan Brigade 4 terdiri dari 1 Batalyon Komando Latihan, 1 Batalyon Pangkalan Marinir, serta 1 Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan.

Usai pelaksanaan upacara, dilakukan defile pasukan dan defile berbagai material tempur di hadapan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M, Kasal, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr., (Han) Komandan Korps Marinir, serta para Dankormar dari masa ke masa.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai aksi demonstrasi seperti Terjun Payung, Kolone Senapan dan Bela Diri Militer, serta tari-tarian.

Sementara itu, dalam rangkaian peringatan hari jadinya yang ke 74 tahun, berbagai kegiatan telah digelar oleh Korps Marinir TNI AL. Kegiatan tersebut diantaranya, pelaksanaan Marine Go Green, Bakti Sosial pengobatan gratis dan pembagian sembako, sekaligus peresmian mushola di Desa Sukonolo, Bululawang, serta pelaksanaan Istigosah bersama prajurit Marinir.

Dijadwalkan usai pelaksanaan upacara Jumat (15/11/2019), Marinir TNI AL juga akan menggelar acara lainnya yang masih menjadi rangkaian HUT ke 74 Korps Baret Unggu, diantaranya pelaksanaan Marine Offroad Adventure Social dan Marine Fair di Karangpilang, Surabaya. Juga akan digelar Lomba Menembak dengan lima materi yaitu: Pistol 20 M Eksekutif, Senapan, Air Rifle, IPSC.LV.II, dan materi Berburu.(tok/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs