Kamis, 28 Maret 2024
Asosiasi Televisi Swasta Indonesia Beri Penghargaan Sutopo

Keluarga Sutopo, Almarhum Sebenarnya Ahli Air Bukan Humas

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Ilustrasi. Foto: dok. suarasurabaya.net

Keluarga mendiang Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi penghargaan dari Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI).

“Penghargaan ini diberikan kepada anak saya karena jasanya yang telah memberikan informasi kepada pers dan media massa tentang kebencanaan,” kata ayah Sutopo, Suharsono di Boyolali, Rabu (10/7/2019).

Ia mengatakan penghargaan diserahkan oleh Ketua ATVSI Ishadi SK didampingi oleh Bupati Boyolali Seno Samudro.

“Mereka juga menyampaikan kalau orang seperti Sutopo ini sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Yang saya tahu memang anak saya ini tidak pernah mengeluhkan pekerjaannya, meskipun sebetulnya jadi humas itu bukan jurusannya. Dia itu kan ahli air,” katanya.

Meski demikian, ia mengaku bangga dengan pencapaian putra pertamanya tersebut dalam mengabdi kepada negara dan bangsa.

“Meskipun dalam keadaan sakit tetap berjuang untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Semoga ini menjadikan cambuk kepada yang masih hidup agar bisa meniru anak saya,” katanya.

Sebelumnya, Ishadi SK Ketua ATVSI mengatakan jasa Sutopo sangat besar dalam memberikan informasi tentang kebencanaan.

“Kalau kita begitu kejadian langsung gagap, beliau sudah memberikan pernyataan. Ini gempanya seperti ini, bencana seperti ini, dan beliau secara rinci dan tepat sekali setiap kali menyampaikan sehingga kadang-kadang tidak perlu ‘ngedit’ lagi,” katanya.

Terkait dengan penyakit kanker paru-paru yang diderita Sutopo, dikatakannya, bukan menjadi halangan untuk terus bekerja.

“Beliau mengatakan saya tidak takut dan saya akan terus bekerja. Ini sebuah contoh yang luar biasa kepada kita,” katanya.

Mengutip Antara pada kesempatan yang sama, Bupati Boyolali Seno Samudro mengaku sangat bangga Boyolali memiliki warga dengan etos kerja tinggi.

“Semoga ini mampu menginspirasi humas-humas yang lain untuk meniru etos kerja dari Pak Sutopo yang luar biasa,” katanya. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs