Kamis, 25 April 2024
Millenilal Road Safety Festival 2019

Ketinggian Air Laut Belum Cukup, KMP Gili Iyang Belum Bisa Dioperasikan

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Antrean kendaraan di Dermaga Ujung, Surabaya pada Minggu (17/3/2019). Kepadatan pengguna jasa angkutan kapal di dermaga Ujung ini merupakan dampak dari ditutupnya Jembatan Suramadu. Foto: Eddy suarasurabaya.net

KMP Gili Iyang yang rencananya akan dioperasikan untuk membantu tiga kapal feri dari Dermaga Ujung menuju Kamal pada Minggu (17/3/2019) pukul 07.00 WIB, belum bisa dioperasikan.

Kapal roro tersebut belum bisa merapat ke dermaga karena ketinggian air laut belum mencapai 1,2 meter.

ASDP Pelabuhan Ujung masih melakukan monitoring terhadap ketinggian air laut. Kalau sudah memungkinkan, kapal yang bisa mengangkut lebih banyak kendaraan dan penumpang itu akan segera dirapatkan ke Dermaga Ujung.

Mulai pukul 05.00 WIB sudah ada kapal yang dioperasikan untuk mengangkut penumpang ke Pelabuhan Kamal di Pulau Madura. Kapal berangkat setiap 20 menit sekali dengan daya tampung 25 unit roda empat atau 150 unit roda dua.

Sementara, berdasarkan pantauan udara, terlihat antrean sudah mencapai 1 kilometer. Polres Tanjung Perak sudah mengantisipasi kondisi ini dengan menerjunkan banyak anggota.

Kompol Faisol Wakapolres Tanjung Perak mengatakan, ada beberapa pola penyeberangan yang diterapkan.

“R2, R4, dan R6 yang tingginya tidak melebihi 2,6 meter bisa naik kapal feri. Sedangkan yang lebih, kita siapkan kantong parkir di Jalan M. Nasir sebagai tempat penampungan sementara untuk kontainer-kontainer yang tidak bisa naik kapal,” ujarnya.

Wakapolres menambahkan, pihaknya juga telah mengantisipasi antrean yang memanjang dengan membagi-bagikan kue ke kendaraan yang antre. “Selain itu juga kita hibur musik di area parkir,” kata dia.(edy/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs